Breaking News:

Kapolsek Tanjungpandan Minta Warga Bijak Gunakan Medsos

Beberapa postingan justru akan berdampak negatif menghambat pihak kepolisian dalam mengungkap kasus tindak pidana

Getty Images/iStockphoto
ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Beberapa hari belakangan para nitizen ramai membahas postingan kasus kejahatan yang diduga terjadi di wilayah Tanjungpandan. Bahkan ratusan komentar di‎lontarkan mereka terkait postingan tersebut.

Namun sayangnya diantara beberapa postingan itu justru tidak pernah dilaporkan kepada pihak kepolisian. Padahal satu diantara akun yang memposting mengaku sebagai korban tindak pidana yang dimaksud justru enggan melaporkannya.

"Terkait itu kita harus bersikap dewasa dan bertanggungjawab dalam menggunakan medsos ini‎. Harus difilter mana informasi yang boleh di share dan mana yang harus ditunda," ujar Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko kepada posbelitung.co, Kamis (6/9/2018).

Menurutnya beberapa postingan justru akan berdampak negatif menghambat pihak kepolisian dalam mengungkap kasus tindak pidana. Terlebih kasus tersebut baru dalam tahap penyelidikan.

‎Ia mengatakan seorang pelaku kejahatan akan lebih gencar mencari informasi atas tindakan yang telah dilakukannya.

Oleh sebab itu jika sudah diposting di medsos, secara otomatis mereka akan mengubah pola kejahatan atau justru tidak akan bersembunyi.

"Sebenarnya hal ini akan merugikan masyarakat juga, karena kami kepolisian mengungkap kasus kejahatan yang mengincar masyarakat. Makanya kemarin Kapolres Belitung sudah menyampaikan agar masyarakat lebih bijak menggunakan medsos ini," katanya.

Agus mengakui saat ini seluruh kalangan masyarakat baik anak-anak, dewasa, berpendidikan atau tidak sudah menggunakan medsos.

Kemudian, tidak semua masyarakat memahami bagaimana tahapan dalam penanganan sebuah perkara tindak pidana itu.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved