Bupati Belitung Resmikan Loka POM, Imbau Pelaku Usaha Urus Izin Edar

Bupati Belitung Sahani Saleh meresmikan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Belitung

Bupati Belitung Resmikan Loka POM, Imbau Pelaku Usaha Urus Izin Edar
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Foto bersama usai meresmikan Loka POM. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh meresmikan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Belitung yang berlokasi di Jalan Sudirman, Pangkallalang, Tanjungpandan, Rabu (19/9/2018) 

Didampingi Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bangka Belitung Hermanto dan Kepala Loka POM Belitung, pria yang akrab disapa Sanem itu menarik tirai dilanjutkan pemotongan tumpeng.

Sanem berharap kehadiran Loka POM di Belitung dapat segera melakukan pembinaan kepada pelaku usaha kuliner demi menjamin keamanan produk untuk konsumsi masyarakat maupun wisatawan.

"Saya mengimbau kepada pelaku usaha untuk mendaftarkan sertifikasi izin edar. Nanti saya harap Loka POM yang mendatangi atau secara kesadaran pelaku usaha meminta sertifikasi, agar masyarakat tidak ragu mengonsumsinya karena dipastikan menggunakan bahan aman," katanya.

Selain itu, adanya Loka POM ini juga diharapkan pria tersebut dapat mengawasi produk yang beredar di masyarakat. Sehingga keamanan bahan yang digunakan suatu produk dapat terjamin sehingga aman bagi kesehatan.

Sementara itu, Kepala BPOM Provinsi Bangka Belitung Hermanto mengatakan, izin edar akan berpengaruh untuk meningkatkan daya saing produk. Selain itu pihaknya juga berperan melakukan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkait obat dan makanan.

"Harapannya masyarakat jadi cerdas dibekali pengetahuan mengenai makanan, obat, dan kosmetika yang aman," jelasnya.

Loka POM Belitung merupakan tindak lanjut dibentuknya 40 Loka POM di seluruh Indonesia. Menurutnya dengan adanya Loka POM di Belitung dapat memperkuat kelembagaan BPOM dan memperluas cakupan pengawasan sehingga lebih dekat dengan masyarakat.(*)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved