Breaking News:

Gempa Donggala

Facebook Sumbang Rp 15 Miliar untuk Gempa dan Tsunami di Sulteng

Lewat sebuah unggahan pada akun Facebook resminya, Zuckerberg menyatakan rasa belasungkawanya, dan menyumbang melalui penggalangan dana.

Editor: Khamelia
Brendan Smialowski / AFP
CEO Facebook Mark Zuckerberg saat memberikan kesaksian di depan senat atas skandal kebocoran data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica. 

POSB ELITUNG.CO- Bencana gempa yang diikuti gelombang tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada minggu lalu mengundang perhatian sejumlah pihak. Salah satunya adalah pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Lewat sebuah unggahan pada akun Facebook resminya, Zuckerberg menyatakan rasa belasungkawanya. Dalam postingannya, ia pun menyatakan bahwa Facebook akan menyumbang dana kepada para korban, melalui penggalangan dana.

"Kami berbelasungkawa kepada masyarakat Indonesia yang tengah berusaha pulih dari gempa bumi dan tsunami yang mematikan baru-baru ini. Sebagai bantuan, Facebook menyumbangkan 1 juta dollar AS (Rp 15 miliar) kepada Palang Merah Indonesia," tulis Mark.

Zuckerberg juga mengajak jika ada yang ingin ikut menyumbang, mereka bisa menyalurkannya melalui lembaga Global Giving, melalui tautan berikut ini.

"Jika Anda tertarik untuk membantu upaya pemulihan, Anda dapat menyumbang ke GlobalGiving melalui halaman crisis response," lanjutnya.

Pantauan KompasTekno, saat berita ini ditayangkan, halaman Global Giving telah mengumpulkan 174.998 dollar AS dari target 1 juta dollar AS.

Saat bencana gempa bermagnitudo 7,4 SR dan gelombang tsunami menghantam Palu terjadi, Facebook pun mengaktifkan fitur Safety Check.

Dari pantauan KompasTekno, Safety Check Facebook untuk gempa bumi di Donggala, Palu, dan sekitarnya itu mulai muncul di linimasa Facebook pada Sabtu (29/9/2018) pagi.

Bukan hanya Mark Zuckerberg, CEO Apple, Tim Cook dan bos Google, Sundar Pichai pun sebelumnya telah menyampaikan rasa belasungkawa dan menyatakan akan memberi sejumlah bantuan untuk para korban.

Namun berbeda dengan Mark, baik itu Sundar Pichai maupun Tim Cook tidak menjelaskan bagaimana mekanisme penyaluran donasi dari para bos raksasa teknologi tersebut.

Beberapa negara sahabat pun turut menawarkan bantuan untuk bencana gempa dan tsunami yang menerjang Palu dan Donggala ini. Hingga saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban jiwa terus meningkat hingga 1.407 orang.

//
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved