Agency Finansial di Belitung: Masyarakat Tertarik Investasi yang Instan

Berbicara ivestasi, akan ketemu banyak tantangan di lapangan ketika memang masyarakat sudah pintar mengelola keuangan sendiri.

Agency Finansial di Belitung: Masyarakat Tertarik Investasi yang Instan
POS BELITUNG/JARIYANTO
Nora Meilani, Agency Director Sunlife Finansial Syariah Belitung. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Jariyanto

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Berbicara ivestasi, akan ketemu banyak tantangan di lapangan ketika memang masyarakat sudah pintar mengelola keuangan sendiri. Seperti beli rumah, tanah, dan sebagainya, karena hasilnya dinilai lebih riil.

Di lain pihak ada yang tergiur tawaran investasi secara instan. Sekian bulan dapatnya segini. Kadang mereka tidak berpikir, uang diputar atau diinvestasikan ke mana, tidak jelas.

Kasus di Babel seperti Dream for Freedom (D4F) dan arisan Destari Sulius Putri (DSP), korbannya itu kesannya pengin cepat untung.

Padahal kalau dilihat dari sisi finansial syariah, jelas riba. Belum lagi sistemnya money game (permainan uang).

Tidak heran mendapati banyak orang berpikiran tentang lamanya jangka waktu investasi, misalnya saja di asuransi. Padahal yang benar memang seperti itu, sebab ada proses, bukan tiba-tiba balik modal atau dapat untung.

Jadi sebenarnya berbagai penawaran dari pelaku jasa keuangan merupakan pilihan bagi mereka yang tidak bisa berinvestasi sendiri. Namun kembali lagi, yang legal ini tetap kalah dari yang mengimingi keuntungan besar, karena tujuannya pengin cepat balik modal atau cepat kaya.

Padahal kalau mereka tahu, dananya aman apabila tempat berinvestasi itu sudah terdaftar serta dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Patokannya sekarang, kalau secara legalitasnya tidak ada di OJK, artinya bodong. Persoalannya masih banyak yang tidak melihat itu.

Di sisi lain, OJK sendiri masih kurang sosialisasi, tidak sampai ke bawah. Cuma sampai kepada mereka yang secara taraf intelektualnya menengah ke atas.

Akibatnya kalangan awam menjadi lahan subur para pelaku investasi bodong. (*)

Penulis: Jaryanto
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved