Bahar Buasan Meminta Pemprov Kembangkan Wisata Budaya di Babel

"Sebuah pariwisata tanpa budaya, Saya kira kurang maksimal. Dengan alam Bangka Belitung yang begitu luar biasa, didukung oleh wisata alam, wisata..."

Bahar Buasan Meminta Pemprov Kembangkan Wisata Budaya di Babel
bahar buasan wisata 

POSBELITUNG.CO -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Bahar Buasan meminta Pemerintah Provinsi Babel untuk mengembangkan wisata budaya

Tidak bisa dipungkiri, keindahan pantai di Babel masih menjadi primadona bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Itulah yang menjadikan Pantai Babel sebagai salah satu wisata bahari terbaik di Indonesia.

Menurut Bahar, wisata Pantai Babel tidak bisa berdiri sendiri, melainkan harus didukung dengan wisata lain.

Salah satunya wisata budaya dan atraksi.

"Sebuah pariwisata tanpa budaya, Saya kira kurang maksimal. Dengan alam Bangka Belitung yang begitu luar biasa, didukung oleh wisata alam, wisata religius, wisata sejarah, wisata kuliner, dan wisata sosial. Dengan wisata budaya saya harap ini bisa menjadi penguatan pariwisata menuju Bangka Belitung sejahtera," kata Bahar.

Bahar juga mengatakan, pemerintah perlu turun tangan untuk melestarikan acara budaya yang dapat mendukung pariwisata.

Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk memajukan pariwisata budaya di Babel.

"Saya kira penting sebuah acara Kirab Budaya seperti beberapa hari yang lalu kita ikuti di Kayu Besi, seperti atraksi berjalan diatas api dan lain-lain itu, perlunya campur tangan pemerintah dalam membuat kebijakan-kebijakan yang bisa menguatkan acara-acara seperti itu," ujar Bahar kepada awak media.

"Baik dalam bidang perizinan, dalam bidang mendatangkan dukungan, sehingga acara-acara budaya maupun atraksi yang bisa mendatangkan wisatawan ke Babel ini, masalah biayanya juga bisa terbantu baik dari pemerintah maupun dari masyarakat," lanjut Bahar Buasan.

Disamping itu, Bahar Buasan selaku Anggota DPD RI Dapil Babel mengakui keterbatasan pemerintah. Namun menurutnya walaupun ada keterbatasan itu, pemerintah dapat membantu kelancaran acara pada bidang komunikasi maupun fasilitator kegiatan kebudayaan.

"Karena tidak semua bisa semua mengandalkan pemerintah, tetapi pemerintahan dapat menjadi komunikator, menjadi mediator dan menjadi fasilitator sehingga cara-cara kebudayaan maupun atraksi lainnya lebih mudah di selenggarakan," ujar Senator asal Babel itu.

"Juga bisa mendatangkan para donatur- donatur untuk memeriahkan kegiatan kebudayaan maupun atraksi yang dapat menyedot perhatian turis kedepan selanjutnya," ucapnya.

Editor: asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved