Breaking News:

Dermaga Penyeberangan Teluk Gembira Menuju Desa Pulau Seliu Hampir Ambruk

Kapal penyeberangan biasa bersandar di Dermaga Teluk Gembira, Desa Membalong. Namun Dermaga tersebut kini sudah dalam...

Penulis: Disa Aryandi |
IST
Kondisi Dermaga Teluk Gembira, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong. Dermaga ini digunakan untuk penyeberangan ke Desa Pulau Seliau. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Satu-satunya sarana transportasi menuju Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung yakni menggunakan kapal penyeberangan atau melalui transportasi laut.

Kapal penyeberangan biasa bersandar di Dermaga Teluk Gembira, Desa Membalong. Namun Dermaga tersebut kini sudah dalam kondisi hampir ambruk.

Kondisi kerusakan dermaga itu, terbilang sudah sangat parah.

Bagian tengah dermaga ini sudah melengkung ke bawah dan ujung dari dermaga ini sudah ambruk serta tiang pondasi sebagai penahan sudah terkikis air laut.

Dermaga ini satu-satunya dipergunakan oleh masyarakat untuk membantu transportasi serta pemutaran roda ekonomi di Desa Pulau Seliu.

"Jadi kami minta tolong itu diperhatikan betul-betul. Kalau tidak diperbaiki atau dibuat dermaga baru, tidak sampai satu tahun lagi akan hancur. Apalagi sebentar lagi memasuki musim barat, ombak kencang," kata Anggota DPRD Kabupaten Belitung Wahyu Affandi kepada Posbelitung.co, Kamis (1/11/2018).

Kondisi kerusakan dermaga tersebut, kini sudah banyak dikeluhkan oleh warga Desa Pulau Seliu, lantaran sebagai tempat bersandar kapal pengangkut barang dan penumpang.

"Kami komisi 1 dan dinas terkait sudah kunjungan kesana (dermaga Teluk Gembira), dan kami sudah melakukan mediasi kepada pemilik lahan. Tentu nya ada solusi yang telah disepakati antar kedua belah pihak," ucapnya.

Kata Wahyu, keberadaan dermaga itu memang sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat di Desa Pulau Seliu, maupun Desa Padang Kandis.

Terlebih lagi, Desa Pulau Seliau tersebut sudah dijadikan tempat kunjungan wisatawan oleh pemandu wisata.

"Kalau nanti ini sudah hancur, mau gimana lagi, mau lewat mana lagi orang yang ingin ke Pulau Seliu. Karena orang bawak beras, kebutuhan dapur, dan segala macam melalui dermaga itu," ucapnya. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved