Breaking News:

Jatuhnya Pesawat Lion Air, Kemenhub Akan Evaluasi Harga Tiket

Jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP membuat Kementerian Perhubungan akan mengevaluasi penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC).

Editor: Khamelia
Tribun Batam (Alvin)
Menhub Budi karya Sumadi 

POSBELITUNG.CO--Jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP membuat Kementerian Perhubungan akan mengevaluasi penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan evaluasi akan dimulai dengan menaikkan tarif batas bawah (TBB) pesawat untuk meningkatkan keselamatan.

Dalam penentuan besaran tarifnya, Kementerian Perhubungan akan menentukan dengan hati-hati mengingat dengan peningkatan tarif batas bawah maka harga tiket pesawat akan ikut naik.

"Mungkin saya akan evaluasi terutama berkaitan tarif batas bawah. Untuk diketahui kalau di evaluasi dampaknya ke semua konsumen. Makanya kita hati-hati sekali," papar Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (1/11/2018).

Namun kenaikan tarif ini juga perlu dilakukan mengingat saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sedang melemah dan kenaikan tarif avtur akibat naiknnya harga minyak dunia yang memengaruhi biaya produksi maskapai.

"Saya pikir menjadi hal lumrah dan dimana mana. Tarif ini memang dengan adanya dolar yang naik, avtur naik itu memang sangat sensitif," tutur Budi Karya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengusulkan kenaikan  tarif sebesar 35 persen dari tarif batas atas. Besaran tersebut naik 5 persen dari batas tarif yang berlaku saat ini sebesar 30 persen.

"Naikin bawahnya saja, jadi 35 persen, tambah 5 persen," ungkap Budi Karya saat ditemui usai acara Kebangkitan BUMN Sektor Perhubungan,  di Graha CIMB, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Besaran tarif yang dinaikkan ini memang dibawah yang diusulkan oleh Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau National Carries Association (INACA) yang inginnya naik menjadi 40 persen.

Namun Budi Karya beralasan kenaikan 35 persen disesuaikan dengan perhitungan khusus yang dilakukan pemerintah.

"Ya kan kita pakai hitungan," pungkas Budi Karya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Buntut Jatuhnya Pesawat Lion Air, Kemenhub Akan Evaluasi Harga Tiket, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/11/01/buntut-jatuhnya-pesawat-lion-air-kemenhub-akan-evaluasi-harga-tiket.
Penulis: Apfia Tioconny Billy

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved