Jembatan Laut Terpanjang di Dunia Hubungkan Hongkong, Makau dan Zhuhai Akhirnya Resmi Dibuka

Jembatan Laut Terpanjang di Dunia Hubungkan Hongkong, Makau dan Zhuhai Akhirnya Resmi Dibuka

POSBELITUNG.CO -- Jembatan laut terpanjang di dunia yang menghubungkan Hongkong- Makau- Zhuhai akhirnya dibuka, setelah diresmikan Presiden China, Xi Jinping, baru-baru ini.

Jambatan sepanjang 55 kilo­meter itu dilengkapi de­ngan terowong dasar laut yang menghubungkan Hong Kong ke Zhuhai dan Macau melewati muara Sungai Mutiara.

Jembatan senilai USD 20 miliar sebelumnya beberapa kali mengalami kendala hingga selama 9 tahun untuk menyelesaikannya.

Selain itu, sebagaimana dikutip dari bbc melalui laman siakapkeli, dalam pembangunan jembatan tersebut juga dilaporkan bahwa setidaknya 18 pekerja tewas selama jembatan ini diselesaikan.

Jembatan tersebut secara resmi dibuka pada hari Selasa dan dibuka untuk penggunaan umum dari hari Rabu pekan lalu.

Salah satu dari dua pulau buatan yang dibangun
Salah satu dari dua pulau buatan yang dibangun (siakapkeli/capture)

Jembatan istimewa
Istimewanya jembatan ini ketika dibangun untuk menghubungkan tiga wilayah yang terletak di Cina selatan, yaitu Hongkong, Makau dan Zhuhai.

Selain itu, media internasional juga melaporkan bahwa jembatan itu dibangun untuk mampu bertahan ketika daerah-daerah dilanda bencana alam seperti gempa bumi dan angin topan.

Fakta lain yang menarik, sebanyak 400 ribu ton besi telah digunakan untuk mempersiapkan jembatan. Jumlah yang sama diperlukan untuk menyiapkan 6 Menara Eiffel.

Menariknya, jembatan ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan trek jalan berturap sepanjang 30 kilometer menyeberangi lautan di Pearl River Delta.

Untuk memungkinkan perairan dari kapal dagang, terowongan bawah laut sepanjang 6,7 kilometer juga dibangun menghubungkan dua pulau buatan.

Halaman
1234
Penulis: asmadi
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved