Breaking News:

Bahar Buasan Nilai Industri Pangan Bisa Jadi Salah Satu Solusi Atasi Pengangguran

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Bahar Buasan punya solusi mengenai masalah penyerapan tenaga kerja yang terus menurun.

Posbelitung.co
Bahar Buasan tengah mengangkat ikan hasil laut nelayan di pulau besar yang diharapkan dapat diolah menjadi bahan makanan yang memiliki harga yang lebih tinggi. 

Bahar Buasan Nilai Industri Pangan Bisa Jadi Salah Satu Solusi Atasi Pengangguran

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Bahar Buasan punya solusi mengenai masalah penyerapan tenaga kerja yang terus menurun.

Menurut Bahar pengembangan industri pangan seperti pertanian, perkebunan dan kelautan dapat menjadi solusi dari masalah tersebut.

“Kalau bicara lapangan kerja menurut saya harus kita dorong ke sektor pangan. Apalagi ada isu mengenai krisis pangan ke depan,” kata Bahar.

Bahar menuturkan kondisi ekonomi yang tengah lesu menyebabkan penyerapan tenaga kerja menurun. Kelesuan ekonomi tersebut, kata dia, bukan disebabkan kondisi dalam negeri melainkan pengaruh dari kelesuan ekonomi global.

“Kelesuan ekonomi global berpengaruh pada ekonomi kita, sehingga penyerapan kerja semakin menurun” ujar Bahar Buasan.

Meski begitu, Bahar menilai masih banyak solusi untuk mengatasi masalah turunnya penyerapan tenaga kerja akibat pelemahan ekonomi itu. Menurut dia, peningkatan penyerapan tenaga kerja dapat diciptakan melalui pengembangan industri pangan.

“Industri pangan belum secara intensif kita kembangkan, padahal Babel memiliki ikan dan buah-buahan yang banyak,” kata dia.

Bahar menuturkan belakangan ini isu pangan telah menjadi tema besar. Membangun industri pangan, kata dia, bukan hanya memecahkan masalah mengenai lapangan kerja. Tapi juga soal potensi krisis pangan yang akan terjadi.

Oleh sebab itu, Bahar menyarankan agar pemerintah membangun industri pangan dengan memanfaatkan teknologi pangan yang sudah berkembang. Dengan teknologi, kata dia, kualitas produk pangan dalam negeri dapat ditingkatkan.

"Walaupun masalah perizinan pembuatan industri di babel ini sulit, namun kita semua harus mengupayakan agar hal itu terlaksana. Dinas Pangan dan Pertanian pasti mengerti akan hal ini. Jadi harapannya mari kita manfaatkan teknologi pengolahan pangan kita," ujar Bahar.

Editor: Evan Saputra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved