Kunjungi Pos Belitung, Pelajar SMP Negeri 1 Manggar Diajarkan Tentang Proses Jurnalistik

Pelajar SMP Negeri 1 Manggar, Belitung Timur (Beltim), melakukan kunjungan belajar ke kantor Harian Pagi Pos Belitung

Kunjungi Pos Belitung, Pelajar SMP Negeri 1 Manggar Diajarkan Tentang Proses Jurnalistik
Pos Belitung/Disa Aryandi
Korlip Pos Belitung Jariyanto (baju merah), memberikan edukasi tentang pemberitaaan di kantor Pos Belitung, Jalan Gaparman, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Senin (19/11/2018) 

Kunjungi Pos Belitung, Pelajar SMP Negeri 1 Manggar Diajarkan Tentang Proses Jurnalistik

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pelajar SMP Negeri 1 Manggar, Belitung Timur (Beltim), melakukan kunjungan belajar ke kantor Harian Pagi Pos Belitung (Bangka Pos Group/Tribunnews Network), terletak di Jalan Gaparman, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Senin (19/11/2018).

Pelajar yang duduk dibangku kelas 7 dan 8 ini datang ke kantor berita ini untuk belajar tentang jurnalistik, hingga proses publikasi.

16 orang pelajar didampingi oleh dua orang guru sekolah yaitu pembina Osis SMP Negeri 3 Manggar Heni dan Guru Bahasa Indonesia Sri Rahayu.

Kedatangan rombongan dari SMP Negeri 1 Manggar ini disambut langsung oleh Koordinator Liputan (Korlip) Pos Belitung Jariyanto, serta Sekretaris Redaksi Lisa Lestari dan Manager Produksi Kamri.

Foto bersama di kantor Pos Belitung, Jalan Gaparman, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Senin (19/11/2018)
Foto bersama di kantor Pos Belitung, Jalan Gaparman, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Senin (19/11/2018) (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Kurun waktu satu jam, pelajar ini disuguhkan materi oleh Jariyanto tentang dasar-dasar Jurnalistik.

Diruang rapat tersebut, pelajar diajarkan tentang mencari, mengelola dan menulis berita, hingga menjadi sebuah tulisan yang memiliki bobot 5W + 1H.

Setelah pelajar ini mendapatkan penjelasan singkat, mereka ditunjukan tempat proses editing, hingga layout.

Seluruh proses hingga menjadi koran, pelajar ini diberikan pengetahuan dan sampai akhir proses percetakan serta siap untuk dipasarkan.

Namun pelajar tersebut diberikan pengetahuan tentang media online, dan hingga publikasi di portal http://belitung.tribunnews.com.

Selain itu, pelajar tersebut diberikan materi tentang portal media sosial yang terpercaya, mengingat banyak berita hoax, dan bagaimana bermedia sosial yang santun serta beretika, mengingat kini sudah ada undang-undang ITE.

"Ini baru pertama saya kesini (ke kantor Pos Belitung) dan belajar tentang Jurnalistik. Selama ini kami hanya dapat bahan untuk tulisan itu dari website saja, dan ini adalah ilmu baru buat kami di sekolah," ucap Merinda, pelajar yang ikut pelatihan Jurnalistik dari SMP Negeri 3 Manggar kepada Pos Belitung.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved