Ustaz Abdul Somad

Ini Hukum Menggunakan Alat Kontrasepsi dalam Hubungan Suami Istri

Dalam setiap kesempatan menjadi pengisi acara pengajian, Ustaz Abdul Somad (UAS) selalu membuka sesi tanya-jawab

Editor: Evan Saputra
TRIBUNWOW.COM
Ustaz Abdul Somad 

POSBELITUNG.CO - Dalam setiap kesempatan menjadi pengisi acara pengajian, Ustaz Abdul Somad (UAS) selalu membuka sesi tanya-jawab dengan para pendengarnya.

Pertanyaan tersebut biasanya ditulis dalam secarik kertas tanpa menyebutkan nama penulisnya.

Kertas tersebut kemudian digulung dan dikumpulkan untuk kemudian diberikan dan dijawab satu persatu oleh Ustaz Abdul Somad.

Dari sekian banyak pertanyaan yang masuk, tak jarang yang tidak dijawab oleh UAS lantaran aneh, nyeleneh dan tidak masuk akal.

Namun ada pula pertanyaan yang mengundang gelak-tawa bahkan sangat serius seputar permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dari segi agama.

Salah satu pertanyaan yang pernah diterima dan dijawab UAS antara lain tentang hukum menggunakan alat kontrasepsi.

Jamaah yang tidak diketahui namanya itu bertanya kepada UAS apakah memakai alat kontrasepsi dalam hubungan suami-istri diperbolehkan atau tidak secara agama.

"Kalau pakai alat kontrasepsi hubungan suami-istri haram apa tidak Pak Ustaz?" Demikian pertanyaan salah satu jamaah dalam video unggahan akun YouTube Pakar Lampung sekitar Juni 2017 silam.

Mendapatkan pertanyaan seperti itu, UAS terlihat agak berat untuk menjawabnya. Sebab, ia merasa malu untuk membicarakan hal-hal berbau seksual di hadapan publik.

Apalagi, jamaah yang hadir saat itu banyak yang berusia lebih tua daripada UAS. Bahkan, ada yang seusia ibunya, Pak Cik dan Mak Cik-nya (sebutan lain untuk Paman dan Bibi).

Akan tetapi karena perihal ini merupakan permasalahan fiqih, maka UAS pun akhirnya bersedia untuk memberikan jawaban. Tentunya dengan terlebih dahulu meminta maaf kepada jamaahnya.

"Berhubungan kelamin menggunakan alat kontrasepsi apakah balon, apakah apa namanya pil maka itu boleh. Dalilnya mana?" Jawab UAS.

UAS kemudian memberikan penjelasan mengenai dalil yang memperbolehkan menggunakan alat kontrasepsi dalam hubungan suami-istri.

"Dalilnya Nabi membolehkan 'azal kepada sahabat. 'Azal itu apa? Maaf-maaf cakap, mengeluarkan sperma di luar kemaluan istri. Namanya 'azal. Nabi membolehkan. Itu dalil boleh menggunakan alat kontrasepsi yang sifatnya memberi jarak, dua tahun, tiga tahun, empat tahun," ujar UAS.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved