Ahli Ungkap Danau Purba di Mars Mirip dengan Danau Towuti di Sulawesi Selatan, Begini Penjelasannya

Ahli Ungkap Danau Purba di Mars Mirip dengan Danau Towuti di Sulawesi Selatan, Begini Penjelasannya

Ahli Ungkap Danau Purba di Mars Mirip dengan Danau Towuti di Sulawesi Selatan, Begini Penjelasannya
Wheater
Penampakan permukaan Planet Mars dan Bumi dari atas. 

POSBELITUNG.CO -- Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada Buletin GSA tahun 2017, ahli dari University of Texas at Austin, Timothy A. Goudge, menemukan bahwa endapan danau purba di Mars memiliki kemiripan dengan sedimen danau Towuti di Sulawesi Selatan.

Menurut Goudge, Danau Towuti berada dalam ofiolit yang terdiri dari batuan yang sangat kaya akan zat besi dan magnesium (mafik).

Ini lebih mirip dengan permukaan Mars daripada sebagian besar permukaan daratan Bumi, yang umumnya lebih felsik atau lebih kaya dalam silikon, aluminium, natrium, dll.

Untuk menemukan hal tersebut, Goudge dan timnya merincikan mineralogi tanah liat dari Danau Towuti, Indonesia, menggunakan teknik yang disebut spektroskopi inframerah jarak dekat (VNIR).

Hasil catatan spektral danau Towuti menunjukkan variasi berbeda dalam mineral tanah liat selama 40.000 tahun terakhir.

Teknik ini juga merekam respons dari sistem danau terhadap perubahan iklim, termasuk perubahan tingkat permukaan danau, progresi delta buatan, dan irisan sungai.

Baca: Misteri Kutukan Firaun: Karamnya Kapal Titanic Dianggap Sebagai Salah Satu Wujudnya

Baca: Sempat Bikin Gempar, Putri Jackie Chan Kini Menikah Sesama Jenis

Menurut Goudge, ini menunjukkan spektroskopi VNIR dapat digunakan dalam mengembangkan catatan lingkungan selama puluhan ribu tahun.

Menariknya, Goudge dan timnya juga menemukan bahwa deposit danau purba di Mars mungkin menyimpan informasi paleoenvironmental serupa yang dapat diakses melalui studi penginderaan jauh stratigrafi dan spektroskopi VNIR.

Dilansir dari Eurekalert (06/03/2017), Goudge berkata bahwa hubungan komposisi antara danau Towuti dengan danau di Mars tidaklah sempurna.

Oleh karena itu, dia lebih menekankan pada penggunaan teknik VNIR.

Halaman
12
Editor: asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved