Breaking News:

Bawaslu Beltim Sosialisasi Pengawasan Pemilu Kepada Peserta Pemilu

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melakukan sosialisi Pengawasan Pemilu, dengan mengusung tema peraturan pengawasan pada tahapan kampanye

Pos belitung/Suharli
Suasana sosialisi peraturan pengawasan pada tahapan kampanye pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019. Kamis,(13/12/2018) 

Bawaslu Beltim Sosialisasi Pengawasan Pemilu Kepada Peserta Pemilu

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Bawaslu Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melakukan sosialisi Pengawasan Pemilu, dengan mengusung tema peraturan pengawasan pada tahapan kampanye pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019, Bertempat di Hotel Guest, Manggar.

Kordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Beltim, Ihsan Jaya menyampaikan dalam kegiataan sosialisasi tersebut Bawaslu Beltim juga melakukan evaluasi selama tiga bulan masa pelaksanaan kampanye.

"Mengevaluasi Tahapan Kampanye pemilu tahun 2019 yang telah berjalan hampir 3 bulan, yang mana masih ditemukan beberapa pelanggaran," ujar Ikhsan kepada posbelitung diselah kegiatan, Kamis (13/12/2018).

Menurut Ihsan dugaan pelanggaran tersebut banyak terjadi pada pemasangan alat peraga kampanye yang tidak sesuai zonasi yang telah ditetapkan oleh KPU Beltim.

hal tersebut terjadi mungkin karena kekurangpahaman para peserta pemilu terhadap aturan terkait kampanye yang tertuang dalam
Undang-undang 7 tahun 2017 tentang pemilu, serta PKPU 28 tahun 2018 tentang kampanye.

"Pemahaman terhadap aturan tersebut merupakan hal yang wajib dan mutlak bagi para peserta pemilu, supaya dalam setiap kegiatanya tidak terjadi pelanggaran yang akan merugikan mereka (peserta pemilu-red) sendiri," jelas Ihsan.

Ia pun menjelaskan, Bawaslu dalam pengawasannya memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan upaya preventif agar tidak terjadi pelanggaran di wilayah tugasnya.

"Salah satu upaya preventif (mencegah-red) tersebut adalah mensosialisikan peraturan-peraturan terkait pemilu yang dalam hal ini dilaksanakan melalui kegitan pengawasan pemilu," beber Ihsan.

Ketua Komisioner KPU Belitung Timur Rizal yang juga hadir dalam sosialisasi tersebut menyebutkan KPU dalam sosialisasi ini menyampaikan tentang PKPU 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilu.

" Ini mencakup peraturan kampanye, mekanisme kampanye, larangan kampanye, metode kampanye, dan Pemasangan APK," ujar Rizal.

Kegiatan ini juga turut dihadiri para caleg perwakilan per Parpol, LO DPD RI dapil Provinsi Bangka Belitung, dengan narasumber Bawaslu Provinsi, Bawaslu Beltim dan KPU, Gakkumdu Beltim serta tamu udangan lainnya.

(posbelitung/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Evan Saputra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved