Breaking News:

Perhatikan Nasib Buruh, Rudianto Tjen Pastikan Upah Buruh Naik Tiap Tahun

Rudianto Tjen memang kerap memperhatikan kondisi warganya, termasuk menyangkut gaji buruh.

Editor: Khamelia
Posbelitung.co
Rudianto Tjen bersilaturahmi bersama warga Babel, di Desa Bukit Layang, Bangka Belitung 

POSBELITUNG.CO--Rudianto Tjen, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel), dengan tegas menyatakan bahwa dirinya akan ikut memastikan gaji para buruh di Babel akan naiknya setiap tahunnya.

"Kalau buruh itu pasti, tiap tahun UMP kan pasti naik, untuk buruh itu pasti naik, pasti itu!," tegasnya Rudianto Tjen.

Hal itu disampaikan Rudianto Tjen saat menjawab pertanyaan seorang buruh bernama Mustafa yang bertanya perihal gaji, saat Rudianto mengadakan silaturahmi dengan warga Desa Bukit Layang, Kabupaten Bangka, Babel.

Rudianto Tjen mengatakan, mengenai UMP sendiri, mengacu pada penetapan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) yang menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) di Indonesia naik sebesar 8,03 persen pada 2019 nanti.

Kenaikan itu pun berdasarkan data yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan inflasi di angka 2,88 persen pada tahun 2019, dan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,51 persen.

Oleh karena itu, Rudianto Tjen mengatakan bahwa pemerintah pusat akan memaksa pemerintah daerah mengacu pada penetapan tersebut untuk menaikkan UMP.

"Pemerintah memaksa pemerintah daerah untuk membuat daftar UMP, yang seharusnya dari tahun ke tahun itu naik," jelas Rudianto Tjen.

Rudianto Tjen memang kerap memperhatikan kondisi warganya, termasuk menyangkut gaji buruh. Sebab, lanjutnya, hal tersebut akan berpengaruh terhadap taraf kehidupan buruh di Babel.

Hal Ini pula berkaitan dengan posisi Rudianto Tjen sebagai wakil rakyat asal Babel di DPR RI yang memiliki fungsi untuk ikut mengawasi kebijakan-kebijakan yang sudah semestinya berpihak pada rakyat.

"Tugas saya sebagai Controlling (Pengawasan), saya akan ikut mengawasi terkait hal ini, tujuannya adalah untuk memakmurkan dan menyejahterakan seluruh warga Indonesia," pungkasnya. 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved