Breaking News:

Lipsus Sinyal Ngadat Ancam UNBK

Kata Ibrahim, Sekretaris Dewan Pendidikan Babel soal Kendala Jelang UNBK

UNBK adalah metode ujian yang niatnya untuk memudahkan, memurahkan, dan menyenangkan.

Editor: Jaryanto
FACEBOOK/IBRAHIM BINTANG
Sekretaris Dewan Pendidikan Babel Dr Ibrahim MSi. 

Pemerintah daerah harus ambil bagian penting karena menyangkut soal kenyamanan peserta didik.

POSBELITUNG.CO - UNBK adalah metode ujian yang niatnya untuk memudahkan, memurahkan, dan menyenangkan. Desainnya adalah pemanfaatan teknologi untuk kepentingan ujian.

Manfaatnya banyak, selain jaminan transparansi dan akuntabilitasnya lebih tinggi, UNBK juga akan efisien karena bersifat paper less. Namun di tengah keterbatasan teknologi dan prasarana pendukung lainnya, UNBK terasa mengkhawatirkan. Kesiapan menjadi persoalan.

Pemerintah daerah harus ambil bagian penting karena menyangkut soal kenyamanan peserta didik. Dinas harus proaktif mendampingi sekolah-sekolah agar terfasilitasi secara baik.

Simulasi harus dipastikan berlangsung baik karena menjadi babak pemanasan bagi peserta didik. Kegagalan simulasi akan menjadi beban energi yang menguras konsentrasi anak-anak.

Bagi sekolah sendiri, sekolah harus mampu membangun komunikasi efektif guna menciptakan optimisme anak didik. Yang pasti, harus dapat diyakinkan kepada anak-anak bahwa tak akan ada peserta didik yang bakal dirugikan karena persoalan teknis yang menjadi kendalanya.

Ke depan, pemda dan sekolah lebih antisipatif dalam memastikan jauh-jauh hari kesiapan perangkatnya. Meski tentu saja kita semua tetap harus optimistis bahwa transisi menuju 100 persen UNBK tentulah tidak bisa seketika.

Dewan pendidikan menaruh perhatian penting dan akan memastikan bahwa tidak ada anak-anak yang dirugikan karena persoalan teknis. Simulasi berulang dan kesiapan perangkat hendaknya dikomunikasikan secara bijak, tidak justru mengumumkan hal-hal yang sifatnya memberi beban, menakut-nakuti, apalagi membiarkan. (*)

Berita ini sudah tayang di Pos Belitung edisi cetak Jumat (20/12/2018).

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved