Breaking News:

Lipsus Sinyal Ngadat Ancam UNBK

Koordinator Proktor UNBK Belitung Gerry Wirio: Pasang Penguat Sinyal

Simulasi ini sebanyak tiga periode hingga menempuh UNBK yang sebenarnya pada April 2019 mendatang.

Editor: Jaryanto
POS BELITUNG/JARIYANTO
Antena penguat sinyal menjulang di belakang ruang UNBK SMP Negeri 2 Badau, Kabupaten Belitung, Jumat (14/12/2018). Alat tersebut telah diperpendek karena sebelumnya telah disambar petir. 

Sekolah yang akan melaksanakan UNBK secara mandiri harus menyiapkan komputer. 

POSBELITUNG.CO - Sebelum pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sekolah memang harus melaksanakan simulasi dulu. Simulasi ini sebanyak tiga periode hingga menempuh UNBK yang sebenarnya pada April 2019 mendatang.

Sekolah yang akan melaksanakan UNBK secara mandiri harus menyiapkan komputer. Komputer yang ada minimal harus sepertiga jumlah siswa yang mengikuti ujian. Misalnya di sekolah ada 100 siswa, sehingga sekitar 40 komputer harus disiapkan sekolah.

Bukan hanya itu, komputer juga harus terhubung ke internet dengan jaringan LAN. Kalau sekolah di luar Tanjungpandan memang masih bergantung internet dari operator seluler. Tetapi kalau sudah bisa mengakses internet atau menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, berarti aksesnya sudah ter-cover operator.

Terkait adanya sekolah yang bisa melaksanakan UNBK tahun ini, namun ketika simulasi lagi untuk persiapan tahun depan tidak bisa karena jaringan internet, bisa disebabkan kemungkinan adanya penambahan pengguna jaringan operator tersebut. Seiring penambahan pengguna dan kapasitas belum ditambah menyebabkan akses internet pun berkurang.

Namun ini dapat disiasati dengan penambahan penguat sinyal sehingga dapat meningkatkan sinyal yang masuk. Logikanya memang semakin tinggi penangkap sinyal memang akan menambah kekuatan sinyal karena tidak ada penghalang. Jadi kalau tidak ada penghalang, maka sinyal yang didapat pun akan semakin kuat. (*)

Berita ini sudah tayang di Pos Belitung edisi cetak Kamis (20/12/2018).

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved