BPOM Akan Telusuri dan Koordinasi Terkait Makanan Mengandung Formalin Hasil Uji BTKL

Bagir menyebutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penelusuran makanan yang mengandung formalin.

Editor: Khamelia
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kasi Pemeriksaan dan Penindakan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Pangkalpinang, Mohammad Bagir. 

POSBELITUNG.CO-- Kasi Pemeriksaan dan Penindakan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Pangkalpinang, Mohammad Bagir mengatakan adanya temuan makanan berformalin berdasarkan hasil pengujian Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Palembang akan segera ditindaklanjuti pihaknya.

Bagir menyebutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penelusuran makanan yang mengandung formalin.

Dikatakan Bagir, melihat hasil uji yang dilakukan BTKL yang tersebar di media sosial sepertinya merupakan hasil uji cepat. Ia menjelaskan, untuk pengujian bisa dilakukan dengan dua cara yakni uji cepat dan uji laboratorium.

"Kita baru dapat informasi, kita akan koordinasi dengan pihak terkait. Tapi kalau melihat hasilnya ini merupakan hasil uji cepat," kata Bagir, Kamis (27/12/2018).

Bagir menjelaskan, jika diketahui makanan mengandung formalin maka perlu dilakukan penelusuran sumber bahan baku makanan tersebut. Tak jarang, menurutnya pedagang hanya menjual saja dan tidak memproduksi makanan tersebut.

"Kalau pedagang makanan juga harus kita telusuri, kadang ada yang hanya menjual, mereka enggak buat sendiri. Makanya pembinaan harus dikedepankan, karena kalau misalnya dia beli itu bukan kesengajaan tapi ketidaktahuan. Ini yang perlu kita telusuri produsennya apakah memang disengaja," jelas Bagir.

Menurutnya, semakin banyak pihak yang melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman yang beredar, hal ini akan semakin baik.

"Kalau yang dilakukan BTKL BPOM baru tau, tapi ini bagus, semakin banyak yang mengawasi semakin baik. Tinggal komunikasi lagi untuk penelusuran," tambahnya. (Bangkapos/Krisyanidayanti)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved