Breaking News:

Bupati Beltim: PNS Baru Wajib Mengabdi 15 Tahun, Tidak Siap Silahkan Mundur

Ini kecil sekali dari putra daerahnya yang diterima, khawatirnya nanti setelah diterima baru bertugas satu dua tahun sudah minta pindah

Penulis: Suharli | Editor: Khamelia
Posbelitung/suharli
Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Penerimaan CPNS di Beltim diperkirakan hanya 40 persen putra daerah, sedangkan 60 persen lain dari luar Beltim. Hal ini pun menjadi sorotan Bupati Beltim Yuslih Ihza.

"Ini kecil sekali dari putra daerahnya yang diterima, khawatirnya nanti setelah diterima baru bertugas satu dua tahun sudah minta pindah," ujar Yuslih kepada Posbelitung, Rabu (2/1/2018).

Hal tersebut bukan tanpa alasan, menurut Yuslih mengingat kebutuhan akan PNS di Beltim masih sangat kurang. Bila sudah menjadi PNS baru bertugas satu dua tahun meminta pindah tentunya ini bisa membuat rugi Pemkab Beltim.

"Sekarang sesuai dengan peraturan kemenpan minimal 15 tahun harus mengadi di Beltim. Ini harus, 15 tahun harga mati, kalau tidak silahkan berhenti, kalau siap silahkan, kalau tidak sanggup silahkan undur diri," tegas Bupati Kabupaten Belitung Timur kepada posbelitung, Rabu (2/1/2018).

Sementara itu Kepala BKPSDM Yuspian menyampaikan hari ini (2/1) BKPSDM Beltim umumkan Penerimaan CPNS di lingkup Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Dari 244 formasi yang disediakan 5 formasi dipastikan kosong.

"Pengumuman akan dirilis di web BKPSDM Beltim, soalnya kami tidak bisa mengumumkan di media cetak karena terbatas teknis anggaran," ujar Yuspian kepada Posbelitung.

Menurut Yuspian untuk kelengkapan pemberkasan dimulai tanggal 7 Januari sampai 10 hari kedepannya,

"Berarti tanggal 17 berakhir. Nanti mereka harus hadir sendiri karena ada beberapa pernyataan yang harus ditandatangani. Mereka perlihatkan, semua diverifikasi, ijazah benar atau tidak," jelas Yuspian.

Yuspian menjelaskan sesuai mekanisme di Permenpan, kalau ditemukan data yang tidak sesuai atau tidak sesuai kriteria, palsu atau keliru, akan ada mekanisme dimana CPNS bisa digugurkan oleh panitia, sehingga nanti penggantinya adalah peringkat berikutnya.

"Nantinya untuk pengganti karena ada data yang tidak sesuai, akan kami umumkan kembali," ujar Yuspian

"Mungkin yang perlu diwanti-wanti adalah komitmen, untuk tidak melakukan mutasi sesuai arahan pak Bupati. Bahwa 15 tahun adalah harga mati. Kalau yang kira ada buat dihati mau pindah 3 atau 5 tahun kedepan, lebih baik urungkan niat dari sekarang. Biar ada yang lebih sungguh-sungguh ingin mengabdi kepada Beltim yang kami berikan kesempatan," kata Yuspian.

Menurut Yuspian kalau PNS baru yang diterima mengajukan pindah sebelum habis masa yang disepakati sama saja dengan mengundurkan diri, dan artinya Langsung diberhentikan. (Posbelitung, Suharli).

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved