Seluruh Parpol dan Tim Pemenangan Sampaikan LPSDK

Khusus di Kabupaten Belitung tercatat 16‎ parpol dan dua tim pemenangan Presiden dan Wakil Presiden telah menyerahkannya kepada KPU Kabupaten Belitung

Seluruh Parpol dan Tim Pemenangan Sampaikan LPSDK
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sesuai tahapan program dan jadwal Pemilu Serentak 2019, parpol peserta pemilu, tim pemenangan paslon Presiden dan Wakil Presiden dan anggota DPD wajib menyampaikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK).

Tepat pada Rabu (2/1/2018) merupakan tenggat waktu terakhir penyampaian LPSDK kepada KPU.

Khusus di Kabupaten Belitung tercatat 16‎ parpol dan dua tim pemenangan Presiden dan Wakil Presiden telah menyerahkannya kepada KPU Kabupaten Belitung.

"Alhamdulillah semuanya menyampaikan dan sudah menerima formulir tanda terima. Kami KPU Kabupten Belitung mengapresiasi atas kepatuhan ini‎," kata Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan.

‎Ia mengatakan sebagai tindak lanjut dari penyerahan tersebut, KPU Kabupaten Belitung akan mengumumkan seluruh LPSDK yang diserahkan.

Pengumuman tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui jumlah serta wujud sumbangan yang diterima parpol maupun paslon untuk kegiatan kampanye.

"Jadi wujud sumbangan itu bisa berupa uang, barang dan jasa ‎yang bersumber dari caleg atau pihak luar yang ingin secara terbuka dengan menandatangi surat pernyataan bahwa yang bersangkutan menyumbang ke rekening khusus dana kampanye," jelasnya.

‎Kemudian, kata Soni, dari empat rangkap LPSDK yang diserahkan pihaknya akan menyerahkan satu rangkap kepada kantor akuntan publik untuk dilakukan audit.

Hal ini bertujuan sebagai bentuk persiapan ‎untuk melengkapi penyampaian Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana Kampanye (LPPDK) yang akan disampaikan setelah seluruh proses pemilu selesai.

"Dalam hal penunjukan kantor akuntan publik ini kewenangan KPU di tingkat provinsi. Begitu juga bagi caleg DPD penyampaiannya kepada KPU provinsi bukn kabupaten," ungkapnya.

Meskipun sudah menyampaikan LPSDK, parpol maupun tim pemenangan masih bisa menerima sumbangan dari pihak luar sesuai aturan berlaku. Lalu, penyampaian laporannya akan dimasukkan dalam LPPDK.

"Jadi penyampaian ini bukan masa terakhir sumbangan tapi tetap masih bisa dilakukan. Nanti penyampaiannya melalui LPPDK," katanya. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved