Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Bateng Rekruitmen Relawan Demokrasi

Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Bateng Rekruitmen Relawan Demokrasi
DOK Bangka Pos
Hendra Sinaga 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Tantangan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada pemilu 2019 lebih berat karena semakin kompleksnya penyelenggaraan pemilu. 

Pemilih akan berhadapan dengan lima jenis surat suara di TPS. Perlu kecermatan pemilih untuk memasikan tata cara pemberian suara yang benar di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sosialisasi dan pendidikan pemilih yang lebih masif dan intensif juga dibutuhkan untuk menurunkan angka suara tidak sah atau invalid vote dalam pemilu.

Oleh karena itu dikatakan Divisi SDM dan Parmas, Hendra Sinaga mengatakan KPU Kabupaten Bangka Tengah memiliki Program Relawan Demokrasi. Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. 

"Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya," kata Hendra dari rilis yang diterima bangkapos.com, Jumat (11/1).

Relawan Demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggungjawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Program Relawan Demokrasi diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada akhirnya relawan demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

Untuk mewujudkan tujuan Program Relawan Demokrasi tersebut, KPU Kabupaten Bangka Tengah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi langsung dengan cara mendaftarkan diri sebagai Relawan Demokrasi. (Posbelitung/Rusaidah)

Editor: tidakada014
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved