Ini 10 Negara yang Tercepat Hasilkan Orang Kaya Baru

Namun, ketika berbicara soal miliarder baru, peluang ini justru berlimpah di beberapa negara yang mengejutkan.

Ini 10 Negara yang Tercepat Hasilkan Orang Kaya Baru
Thinkstockphotos.com
Ilustrasi miliarder/Thinkstockphotos.com 

POSBELITUNG.CO - Pemegang kekuatan ekonomi global seperti Amerika Serikat, Cina, dan Jepang mungkin menjadi tempat dengan proporsi tertinggi orang- orang kaya di dunia. Namun, ketika berbicara soal miliarder baru, peluang ini justru berlimpah di beberapa negara yang mengejutkan.

Mengutip dari CNBC, Kamis (17/1/2019) menurut sebuah laporan baru dari firma riset kekayaan Wealth-X menemukan bahwa negara-negara yang memegang tampuk pertumbuhan tercepat untuk populasi orang kaya mereka adalah negara-negara berkembang terpilih seperti di Afrika, Asia dan Eropa.

Studi yang diambil dari buku Wealth-X yang berjudul "High Net Worth Handbook 2019," mengacu pada penelitian kepada lebih dari 540.000 individu berpenghasilan tinggi.

Mereka yang memiliki kekayaan bersih 1 juta- 30 juta dolar AS untuk memperkirakan prospek pertumbuhan kekayaan global lebih dari lima tahun ke depan. Hal tersebut termasuk memperhitungkan tingkat kekayaan saat ini, perkiraan pertumbuhan populasi dan mengantisipasi peluang investasi di masa depan.

Dalam laporan itu, Wealth-X menemukan bahwa negara Afrika Barat yakni Nigeria menjadi peringkat terdepan dalam pertumbuhan orang-orang kaya. Negara tersebut melihat pertumbuhan populasi dengan kekayaan bersih tinggi dengan laju tahunan gabungan 16,3 persen antara sekarang dan 2023. Diikuti oleh Mesir 12,5 persen dan Bangladesh 11,4 persen.

Penelitian ini menunjukkan kecenderungan umum di antara pertumbuhan tersebut, di mana negara-negara yang dianggap kurang berkembang dengan garis dasar awal kekayaan lebih rendah justru melihat pertumbuhan orang-orang kaya relatif lebih besar.

Meskipun akan sulit menyamai atau mendekati banyaknya orang kaya di AS dan China, laporan tersebut menemukan beberapa outlier yang menarik.

Polandia dan Kenya, misalnya, adalah "kasus mengejutkan," laporan itu mencatat. Hal ini karena mereka tidak terlihat dalam kelompok lama dari negara-negara berkembang teratas yang dibiasakan dengan istilah-istilah seperti BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan) dan MINT (Meksiko, Indonesia, Nigeria dan Turki).

"Sepuluh negara teratas dengan populasi HNW (kekayaan bersih) yang tumbuh cepat adalah kelompok yang lebih beraneka ragam," kata laporan itu.

"Dengan ukuran pertumbuhan tersebut, kita akan melihat beberapa negara yang kurang makmur dengan populasi HNW kecil tetapi Polandia dan Kenya adalah dua kasus yang mengejutkan."

Halaman
12
Editor: tidakada011
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved