Sanem: Tiket Pesawat Mahal, Express Bahari Bisa Buka Jalur Baru Belitung-Jakarta

Di tengah mahalnya harga tiket, transportasi laut bisa menjadi satu solusi bagi masyarakat yang ingin bepergian dari Jakarta ke Belitung

Sanem: Tiket Pesawat Mahal, Express Bahari Bisa Buka Jalur Baru Belitung-Jakarta
Pos Belitung/Dokumentasi
Kapal Express Bahari menurunkan penumpang di Pelabuhan Laskar Pelangi, Tanjungpandan, Belitung setelah berlayar dari Pelabuhan Pangkal Balam, Pangkalpinag 

POSBELITUNG.CO - Di tengah mahalnya harga tiket, transportasi laut bisa menjadi satu solusi bagi masyarakat yang ingin bepergian dari Jakarta ke Belitung. Pilihannya bisa menggunakan kapal pelni KM Lawit ataupun kapal cepat Express Bahari.

Untuk KM Lawit berlayar dengan jadwal satu bulan empat kali dengan waktu perjalanan 18-20 jam. Kemudian pemkab Belitung saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak pengusaha kapal untuk membuka jalur pelayaran kapal cepat menggunakan express bahari.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, sekarang ini pemerintah pusat sudah tidak lagi memiliki kapal cepat seperti Mahakam dan Cisadane, yang hanya memiliki waktu tempuh Jakarta - Belitung sekitar 8 jam.

"Hanya KM Lawit itu saja. Ya mau tidak mau sekarang, kami dua tiga hari kedepan ini akan berkoordinasi dengan pihak Express Bahari (kapal cepat), dari segi kesiapan mereka," kata Sanem kepada Posbelitung.co, Rabu (16/1/2019).

Sanem menyebutkan, sangat memungkinkan membuka jalur pelayaran baru yaitu Belitung - Jakarta. Diperkirakan jarak tempuhnya hanya sekitar 8 jam.

"Itu salah satu solusinya, mau tidak mau. Kalau tiketnya belum tau, apakah sama dengan rute ke Pangkal Balam (Pangkal Pinang dari Tanjungpandan), tinggal bagaimana hitung - hitungan operasinal nya nanti," bebernya.

Tentunya, kata Sanem, dengan harga tiket pesawat saat ini sangat berdampak kepada kunjungan wisata ke Negeri Laskar Pelangi.

"Dulu dengan harga segitu orang sudah bisa kemana-mana, sekarang mahal. Mungkin dari sini mengalami perubahan, kalau secara ekonomi meningkat, harga tiket ini masih terjangkau, tapi dengan kondisi ekonomi sekarang masih banyak yang merasa keberatan," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved