Breaking News:

Gelombang Tinggi Kategori Sangat Berbahaya Ancam Wilayah-wilayah Ini, BMKG Keluarkan Peringatan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memberikan peringatan mengenai adanya gelombang setinggi 4 meter hingga 6 meter.

Editor: Jaryanto
BMKG
BMKG Gambaran perkiraan gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia pada Senin (21/1/2019). 

Gelombang Tinggi Kategori Sangat Berbahaya Ancam Wilayah-wilayah Ini, BMKG Keluarkan Peringatan

POSBELITUNG.CO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memberikan peringatan mengenai adanya gelombang setinggi 4 meter hingga 6 meter di empat wilayah perairan di Indonesia.

BMKG mengkategorikan tinggi gelombang ini sangat berbahaya.

Adapun empat wilayah tersebut adalah Laut Natuna bagian lutara, Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan, dan perairan Kepulauan Sabalana hingga Kepulauan Selayar.

 Ketinggian gelombang ini disebabkan adanya pola tekanan rendah 1.004 hPa di perairan timur Filipina, 1.007 hPa di Laut Arafuru bagian barat, dan juga tekanan dari Samudera Hindia Barat Daya Banten.

Kemudian, peningkatan gelombang tinggi juga disebabkan oleh pola angin di utara Indonesia dari arah barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot.

Sedangkan di selatan wilayah Indonesia secara umum berasal dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-30 knot.

Selain itu, terpantau oleh BMKG bahwa kecepatan angin tertinggi berada di perairan Enggano-Bengkulu, Laut Natuna bagian utara, Laut Jawa, Selat Makassar bagian selatan, dan Laut Flores.

Lalu, ada juga pantauan beberapa wilayah Indonesia yang berpeluang terjadi gelombang dengan ketinggian 2,5 meter hingga 4 meter (kategori berbahaya).

Berikut rinciannya:

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved