Imlek 2019

Beri Angpao Bisa Usir Iblis, Ternyata Ini Kisah Memberi Amplop Merah di Tahun Baru Imlek

Menurut legenda rakyat Cina, pada Malam Tahun Baru, selain monster Nian, ada iblis bernama Sui yang membuat anak-anak ketakutan ketika mereka tertidur

Beri Angpao Bisa Usir Iblis, Ternyata Ini Kisah Memberi Amplop Merah di Tahun Baru Imlek
Bangkapos/Putrie Agusti Saleha
Angpao Imlek 2019 

POSBELITUNG.CO-Menurut legenda rakyat Cina seperti dilansir dari www.chinahighlights.com, pada Malam Tahun Baru, selain monster Nian, ada iblis bernama Sui yang keluar untuk mengganggu anak-anak yang ketakutan ketika mereka tertidur.

Dikatakan bahwa anak-anak yang disentuh oleh iblis akan ketakutan dan berteriak keras-keras, hingga mengalami demam yang mengerikan dan bahkan menjadi tidak stabil secara mental.

Agar anak-anak aman dari bahaya iblis Sui, para orangtua akan menyalakan lilin dan begadang semalaman.

Pada malam Tahun Baru, orang tua memberi anak mereka delapan koin untuk bermain agar dia tetap terjaga dan untuk menghindari dia terluka oleh iblis.

Anak tersebut membungkus koin dengan kertas merah, membuka bungkusan itu, membungkusnya kembali, dan membukanya kembali sampai dia terlalu lelah kemudian tertidur. Kemudian orang tua meletakkan paket dengan delapan koin tadi di bawah bantalnya.

Sehingga ketika iblis Sui mencoba menyentuh kepalanya, delapan koin itu memancarkan cahaya yang kuat dan menakuti iblis tersebut. Delapan koin itu ternyata adalah tanda dari delapan peri.

Sejak saat itu, memberikan amplop merah menjadi cara untuk menjaga anak-anak aman dan membawa keberuntungan. Amplop merah tersebut biasanya disebut dengan hongbao atau lebih familiar dengan sebutan angpao dan disebut juga yasui qian (menekan uang Sui).

Namun, pada jaman sekarang, jika Anda sudah mulai mendapatkan uang dan pekerjaan, sekarang saatnya untuk memulai pengalaman Anda memberikan angpao di Tahun Baru Imlek.

Memberi amplo berwarna merah adalah cara untuk membagikan berkah Anda. Umumnya jumlah uang yang dibungkus dengan paket merah tergantung pada penghasilan Anda.

Namun, ada kebiasaan bahwa jika Anda belum menikah, Anda tidak perlu mengirim amplop merah kepada orang lain.

Umumnya, pada Malam Tahun Baru Imlek atau Hari Tahun Baru, orang tua akan menyiapkan amplop merah dan memasukkannya ke saku anak-anak mereka.

Amplop merah biasanya diberikan dan diterima hanya di antara anggota keluarga. Sementara kini di beberapa daerah lainnya, biasanya Anda harus memberikan amplop merah kepada setiap anak yang Anda temui selama periode Tahun Baru Imlek.

Dan bahkan kerabat dekat Anda (seperti orang tua dan kakek-nenek Anda) akan terus memberikan Anda amplop merah bahkan ketika Anda telah menikah, hal tersebut merupakan merupakan simbol cinta dan berkah mereka untuk Anda. (POSBELITUNG.CO/Putrie Agusti Saleha)

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: edy yusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved