Rudianto Tjen Ingin Illegal Fishing Diberantas Agar Nelayan Babel Sejahtera

Saya minta aparat bisa tegas dalam menindaklanjuti orang-orang yang masih menggunakan alat

Rudianto Tjen Ingin Illegal Fishing Diberantas Agar Nelayan Babel Sejahtera
Posbelitung
Rudianto Tjen bersama nelayan Babel 

POSBELITUNG.CO--Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel) Rudianto Tjen, menginginkan kehidupan warga Babel yang berprofesi nelayan diperhatikan.

Salah satunya bisa dilakukan dengan menindak tegas terhadap pihak yang menggunakan cara yang terlarang dalam menangkap ikan (Illegal Fishing).

“Saya berharap kepada pemerintah, teman-teman nelayan kita di Bangka Belitung ini diperhatikan, termasuk hal-hal yang dapat mengganggu aktifitas pekerjaan mereka sebagai nelayan, seperti contoh perbuatan illegal fishing,” kata Rudianto Tjen.

Diantara perbuatan illegal fishing yang kerap dilakukan dikatakan Rudi ialah menangkap ikan dengan alat tangkap yang dilarang, seperti alat penangkap pukat hela (trawl) dan pukat tarik (seine nets).

Rudi menilai, jika alat tangkap ilegal tersebut digunakan maka dampak negatifnya akan sangat mengganggu dan merusak keberlanjutan ekosistem sumber daya ikan ke depan.

“Selain mengganggu pekerjaan para nelayan, terutama nelayan kecil Bangka Belitung, alat tangkap terlarang itu nantinya akan merusak ekosistem laut kita, dan ini sangat membahayakan,” ungkap Rudi.

Selain itu, Politisi PDI Perjuangan itu menyebutkan dampak yang akan timbul dari alat tangkap yang tidak ramah lingkungan tersebut ialah menurunkan tingkat produktivitas para nelayan kecil Babel.

Sebab, ikan yang dihasilkan oleh nelayan kecil jelas akan berkurang.

Rudi mengkhawatirkan hal tersebut akan mempengaruhi terhadap taraf kehidupan bagi nelayan kecil Babel.

Menurut Rudi, sumber daya perikanan negara Indonesia seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia secara merata.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved