Breaking News:

Didominasi Produk Makanan, Galeri KUMKM Belitung Ajak Masyarakat Berkreasi Buat Kerajinan

"Produk makanan memang masih lebih banyak dibanding kerajinan," kata Manajer Galeri KUMKM Belitung Sulaiman Ichsan, Jumat (1/2/2019).

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Barang kerajinan dari kerang yang dijual di Galeri KUMKM Belitung, Jumat (1/2/2019). 

POSBELITUNG.CO  - Ratusan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Belitung terpajang rapi di Galeri KUMLM Belitung. Hingga akhir 2018, sebanyak 537 UMKM turut memasarkan barangnya di galeri yang ada di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan, diantaranya semua jenis produk, kuliner masih mendominasi barang yang dijual.

"Produk makanan memang masih lebih banyak dibanding kerajinan," kata Manajer Galeri KUMKM Belitung Sulaiman Ichsan, Jumat (1/2/2019).

Bersama Dinas KUMKM, Tenaga Kerja dan Perdagangan Kabupaten Belitung, pihaknya berencana menggenjot usaha kerajinan. Sehingga pihaknya mengajak masyarakat berkreasi memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menciptakan produk berbasis kerajinan.

Misalnya membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang-barang lokal seperti limbah kayu atau bunga hutan kering. Lokalitas itulah menunjukkan keunikan dan kespesifikan produk. Apalagi kini Belitung sedang berupaya melaju sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) sehingga adanya geoproduct berupa barang kerajinan lokal dapat menambah nilai.

"Makanya dituntut pada masyarakat untuk berimajinasi. Apa yang bisa diproduksi dari barang sekitar," jelasnya.

Di Galeri KUMKM Belitung, barang kerajinan hanya harus memenuhi standar eco-friendly atau produk kerajinan yang dihasilkan tidak merusak lingkungan atau tidak melanggar hukum. Kata Sulaiman, tak ada batasan mengenai ukuran barang, semuanya bergantung pembuat dan segmen pasar yang dituju.

Kini dengan teknologi yang terus berkembang, UMKM lokal pun harus jeli memanfaatkan perangkat teknologi dan media sosial dalam memasarkan produk. Dengan begitu bisnis akan bertahan lebih lama dan jaringan pemasaran pun lebih luas.(POSBELITUNG.CO/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved