Breaking News:

Dikbud Bangka Anggarkan 1,9 M untuk Beli Komputer UNBK SMPN

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli, ujian nasional tingkat SMP akan dilaksanakan pada bulan April 2019 nanti.

Penulis: nurhayati | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Bangka Pos/Nurhayati
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli 

POSBELITUNG.CO -- Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk para pelajar kelas IX SMP di Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli, ujian nasional tingkat SMP akan dilaksanakan pada bulan April 2019 nanti.

"Berdasarkan hasil rapat ujian nasional untuk SMP itu mengunakan CBT (Computer Based Test ) walaupun ada yang menumpang," jelas Padli kepada bangkapos.com, Minggu (3/2/2019).

Pihaknya sudah mensosialisasikan ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan ujian dengan sistem UNBK ini.

Menurutnya, para pelajar yang akan ikut UN sudah ikut try out menggunakan sistem UNBK.

Sedangkan bagi sekolah yang belum memiliki fasilitas lab komputer bisa meminjam ke sekolah SLTA terdekat.

Namun Padli menegaskan fasilitas komputer tersebut tidak boleh disewakan oleh pihak sekolah. "Misal seperti di SMPN di Puding Besar dan Bakam bisa menginduk ke SMAN terdekat yang memiliki fasilitas komputer," jelas Padli.

Pada tahun 2019 ini, pihaknya sudah menganggarkan dari dana APBD Kabupaten Bangka sebesar Rp 1,9 milyar untuk pembelian komputer yang akan digunakan untuk UNBK.

Rencananya pembelian komputer tersebut melalui e-katalog untuk SMPN yang memiliki fasilitas lab komputer di Kabupaten Bangka. Sedangkan sebagian dari SMPN tersebut sudah memiliki fasilitas lab komputer. Menurutnya satu sekolah mendapatkan 40 unit komputer.

"Tahun kemarin dapat hibah dana dari pemerintah pusat sebanyak 100 laptop," kata Padli.

Untuk sekolah-sekolah yang menggunakan UNBK ini sudah ditambah kapasitas listriknya dan akan dilengkapi dengan reserver, proktor dan operator komputernya.
(BANGKAPOS/NURHAYATI)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved