Breaking News:

PT PLN UP3 Belitung akan Operasikan Pembangkit Listrik dari Minyak Sawit

Pembangkit listrik tenaga CPO ini diklaim akan menjadi satu-satunya yang telah beroperasi di Indonesia.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Ardhina Trisila Sakti

POSBELITUNG.CO  - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Belitung berencana mengoperasikan pembangkit listrik tenaga minyak sawit atau crude palm oil (CPO) yang ada di Suge, Pegantungan, Kecamatan Badau.

Pembangkit yang kini masih dalam tahap ujicoba ini rencananya akan diresmikan paling lambat Maret 2019.

Manajer Area PT PLN (Persero) UP3 Belitung Joko Nur Astanto mengklaim, pembangkit listrik tenaga CPO ini akan menjadi satu-satunya yang telah beroperasi di Indonesia.

"Sumatera masih progres dan yang mau beroperasi baru ini," ujarnya, Kamis (31/1/2019) lalu.

Pihaknya pun berencana menggandeng perusahaan sawit besar yang ada di Belitung agar mendapatkan kualitas CPO dan harga terbaik sebagai bahan bakar. Pembangkit listrik ini pun menjadi cara peralihan penggunaan energi terbarukan.

Saat ini pihaknya masih menggunakan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) untuk menghasilkan sekitar 33 megawatt listrik. Lalu daya listrik lainnya dicukupi dengan bahan bakar minyak bumi, sehingga nantinya bahan bakar CPO akan menjadi tambahan suplai daya listrik.

Ia menambahkan, saat ini di Belitung dan Belitung Timur daya listrik masih surplus sekitar 38 megawatt. Beban puncak sekitar 80 megawatt yang ada baru terpakai sekitar 42 megawatt.

PT PLN (Persero) UP3 Belitung rencananya akan mengoperasikan gardu induk baru di Manggar.

"Sekarang masih ada lahan yang belum bebas, nanti kalau sudah bebas segera kami tarik towernya dan pasang jaringannya," imbuhnya.(POSBELITUNG.CO/ AdelinaNurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved