Bahar Buasan Ajak Petani Olah Hasil Tani Lokal Agar Lebih Bernilai Tinggi

Yang kita harapkan saat ini bagaimana petani mempunyai kemampuan untuk mengolah hasil pertaniannya

Bahar Buasan Ajak Petani Olah Hasil Tani Lokal Agar Lebih Bernilai Tinggi
Posbelitung
Bahar Buasan Ajak Petani Olah Hasil Tani Lokal Agar Lebih Bernilai Tinggi 

POSBELITUNG.CO--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengajak petani agar lebih cerdas dalam mengelola hasil pertanian, sehingga petani tidak lagi mengalami kerugian saat panen raya tiba.

Bahar mengatakan, dunia pertanian saat ini harus mampu bersaing dengan daerah lain, produk-produk pertanian yang dihasilkan harus berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi, sehingga konsumen menjadi lebih tertarik dengan produk pertanian yang dihasilkan.

"Yang kita harapkan saat ini bagaimana petani mempunyai kemampuan untuk mengolah hasil pertaniannya agar dapat meningkatkan harga barang mereka.

Mudah-mudahan dengan begitu akan tercipta lapangan kerja baru dan petani kita bisa semakin sejahtera," Ujar Bahar Buasan.

Bahar mengatakan hal demikian sebab menurutnya banyaknya petani saat ini yang hanya menjual raw material kepada para tengkulak.

Dengan adanya konsep atau metode tersebut, menurut Bahar, petani akan lebih mempelajari dunia pertanian, mulai dari menggarap tanahnya, bibit, pupuk, panen dan menjual produknya.

Apalagi jika pengolahan ini bisa dipraktekkan di Babel, petani bisa menikmati betul hasilnya.

"Apalagi saat ini mayoritas petani hanya menjual raw material ke para tengkulak. Belum beralih bagaimana mengolah hasil pertanian itu.

Maka perlu dukungan dan bimbingan juga dari pemprov maupun pemda agar petani kita bisa sejahtera dan menyerap tenaga kerja lainnya," tukasnya.

Selain itu pula, pengolahan hasil panen dari petani mempunyai profit yang besar kedepan. Sebab, kebutuhan primer berupa pangan akan dibutuhkan setiap manusia sampai kapanpun.

"Karena ini suatu kebutuhan primer yang diperlukan secara kontinu. Industri pengolahan pertanian ini harus dibangun. Kita di Babel masih ada masalah pangan seperti beras, gula dll.

Kita punya potensi yang belum digali, saya masih optimis, potensi daerah kita masih besar‎," ujarnya.(*)

Editor: tidakada016
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved