Breaking News:

Enggak Betah Pakai Kaus Kaki? Begini Caranya Mencegah Sepatu Bau

Kondisi ini disebabkan karena keringat yang langsung menempel ke sepatu dan tidak terserap dengan baik.

Editor: Novita
safebee.com
Ilustrasi sepatu bau 

POSBELITUNG.CO - Saat memakai sepatu, kita sebaiknya juga memakai kaus kaki untuk alasan kesehatan dan kenyamanan. Namun ternyata tidak semua orang terbiasa memakai kaus kaki, apalagi bila memakai sneakers yang sudah nyaman.

Namun tanpa kaus kaki, aroma tak sedap dari sepatu kerap muncul lebih dari biasanya. Kondisi ini disebabkan karena keringat yang langsung menempel ke sepatu dan tidak terserap dengan baik.

Akibatnya, bagian dalam sepatu menjadi lembap, tumbuh bakteri, hingga menimbulkan bau tak sedap. Tentu saja hal ini bisa bikin tidak percaya diri. Namun, ada cara mencegah sepatu bau terutama saat tak pakai kaus kaki. 

1. Menjaga kaki agar tetap kering  

Menurut ahli podiatris Joy Rowland, DPM., bau tak sedap di kaki biasanya terjadi karena area sepatu yang lembap. Oleh karena itu, cara mudah untuk menghindari bau ialah dengan menjaga kaki dan sepatu tetap kering apalagi saat tak pakai kaus kaki. 

Usahakan untuk sering-sering membuka sepatu dan membiarkan kaki terkena angin. Hal ini dilakukan agar kaki tetap kering sehingga mencegah bau kaki dan sepatu.

Selain itu, jika kamu termasuk orang yang tak betah memakai kaus kaki, pilihlah sepatu dari bahan alami seperti katun atau kulit yang memungkinkan kelembapan di kaki menguap, tidak terperangkap.

 2. Rutin membersihkan kaki  

Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap dibersihkan secara asal saat mandi. Padahal, menjaga kebersihan kaki menjadi kunci untuk mencegah sepatu bau. Merendam kaki bisa menjadi alternatif untuk yang terkadang lupa membersihkan kaki secara menyeluruh saat mandi. 

Kamu bisa merendam kaki dengan garam Epsom dalam baskom berisi air hangat, dengan begitu bakteri pun enggan menempel pada kaki. Cobalah untuk merendam kaki selama 10 hingga 20 menit sebanyak dua kali dalam seminggu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved