Bisa Menyasar Siapa Saja, Bahar Buasan Ingatkan Kalangan Pemuda Waspadai Narkoba

Pangkalpinang sebagai provinsi yang tercatat 10 daerah paling tinggi tingkat kosumsi narkobanya.

Bisa Menyasar Siapa Saja, Bahar Buasan Ingatkan Kalangan Pemuda Waspadai Narkoba
Pos Belitung
Bahar Buasan antisipasi penyalahgunaan narkoba pada Pemuda 

POSBELITUNG.CO -- Bahaya narkoba kini menjadi momok yang harus diwaspadai. Termasuk di Pangkalpinang sebagai provinsi yang tercatat 10 daerah paling tinggi tingkat kosumsi narkobanya.

Menurut Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan, harus ada upaya lebih untuk mencegah pemuda Babel untuk terjerumus ke lembah yang menyesatkan tersebut.

Hal itu disampaikan Bahar saat hadir dalam seminar di acara pelantikan badan pengurus cabang Gerakan Mahasiswa Keristen Indonesia (GMKI) Cabang Pangkalpinang di hotel Bumi Asih, Kota Pangkalpinang (16/2/2019).

"Bangka Belitung termasuk daerah yang cukup tinggi narkobanya ini disebabkan oleh kurangnya kegiatan positif oleh para remaja. Oleh sebab itu ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi tanggung jawab kita semua," ujar Bahar Buasan.

Ia menjelaskan, ada sejumlah kejadian di mana anak dipengaruhi lingkungan kepada narkoba yang awalnya gratis, akhirnya terjebak sampai saat ini. Bahkan saat ekonomi kritis anak-anak jadi "ngelem".

"Terkontaminasi awalnya di tawarkan gratis oleh pengedar namun lama kelamaan mereka yang sudah candu ini mau tidak mau harus membeli dengan harga yang mahal. Itulah sebab mulanya kebanyakan orang kena narkoba ini," ujar Bahar.

Oleh sebab itu, Bahar mengingatkan bahwa tanggung jawab menjaga lingkungan yang bebas narkoba itu adalah kewajiban bersama.

Ia mengingatkan peran orang tua di keluarga untuk selalu mengetahui tentang pergaulan anak-anaknya. Termasuk juga para pendidik-pendidik disekolah maupun organisasi yang ada di Babel.

Ke depan Bahar ingin dengan banyaknya pihak yang turun andil dalam kegiatan aksi menolak narkoba, Babel bisa bebas dari narkoba.

"Marilah kita menjaga pemuda-pemuda kita, masyarakat kita, agar punya kegiatan-kegiatan yang positif. Mereka bisa belajar, mereka bisa punya pekerjaan yang baik sehingga bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarganya dan bisa menjauhkan dari hal-hal yang negatif," kata senator itu.

Bukan hanya narkoba, Bahar Buasan juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menumpas segala bentuk tindakan yang merugikan lingkungan maupun diri sendiri, seperti minuman keras dan pengaruh radikalisme.

"Seperti narkoba, miras, juga radikalisme ini sangat penting kita tumpas. Mari kita sama-sama membangun remaja-remaja, pemuda dan membangun masyarakat kita dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Mari kita belajar bersama-sama, mari kita bekerja bersama-sama membangun Bangka Belitung dan membangun Indonesia," pungkas Bahar Buasan.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved