Bupati Belitung Resmikan Gedung Waserda, Diharapkan Ikut Membangun Ekonomi Kerakyatan

Koperasi yang bergerak di sektor pertanian dan perkebunan kepala sawit itu sudah memiliki peralatan tersendiri.

Bupati Belitung Resmikan Gedung Waserda, Diharapkan Ikut Membangun Ekonomi Kerakyatan
Ist/dokumen humas Setda Belitung
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Sabtu (16/2) ketika melakukan peresmian gedung Waserda. 

POSBELITUNG.CO - Koperasi Plasma Kacang Butor, Desa Kacang Butor, Sabtu (16/2) sudah mempunyai kantor sendiri. Gedung yang disebut Warung Serba Ada (Waserda) tersebut diresmikan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem). Gedung tersebut sebagai salah satu langkah untuk membangun ekonomi baru.

Selain sudah mempunyai Gedung sendiri, Koperasi yang bergerak di sektor pertanian dan perkebunan kepala sawit itu sudah memiliki peralatan tersendiri. Mesin perontok, pengupas, pengering biji lada sudah tersedia di koperasi yang bermitra dengan PT Agro Makmur Abadi (AMA) itersebut.

"Kemitraan dengan sistem 20 persen keluasan yang dimiliki perusahaan, dan di Kacang Butor ini semua nya ada 328 hektar. Koperasi ini sampai sekarang sudah beranggotakan 120 orang yang merupakan warga Kacang Butor," kata Ketua Koperasi Plasma Kacang Butor Suhardi, Sabtu (16/2).

Koperasi yang sudah berdiri sejak tanggal 28 Januari 2011 tersebut, tentu akan terus menambang keanggotaan koperasi. Namun tetap hanya diperuntukan bagi masyarakat Desa Kacang Butor.

"Kami sifatnya terbuka, siapa saja yang ingin bergabung kami persilahkan. Apa lagi sekarang ini kami sudah memiliki gedung sendiri, dan ini sebagai bentuk pemicu kami agar terus mengembangkan koperasi plasma ini," ucapnya.

Sekarang yang sedang digeluti koperasi plasma ini, bukan hanya jual beli tandan buah segar kelapa sawit masyarakat saja. Namun koperasi plasma ini sudah melakukan usaha penjualan sembako, usaha simpan pinjam, usaha penjualan pupuk non subsidi, usaha penjualan sapras pertanian dan obat-obatan serta usaha jasa transportasi angkutan tandan buah segar.

"Ini tentu akan terus kami kembangkan lagi. Apalagi kalau berbicara persaingan koperasi sekarang ini, harus banyak bersaing. Namun koperasi kami alhamdulillah dapat dikatakan sudah masuk kategori koperasi yang biasa diikutkan dalam suatu penilaian dan kompetensi. Itu sudah terbukti tahun 2018 kemarin kami mendapatkan juara 3 ditingkat Provinsi," bebernya.

Sementara, Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) berharap, adanya gedung baru itu, kedepan bisa meningkatkan income bagi koperasi plasma kacang butor dan membawa dampak positif bagi kesejahteraan seluruh anggota koperasi. Terutama dalam membangun ekonomi kerakyaran masyarakat setempat.

"Saya selama ini melihat perkembangan koperasi ini sejak awal, dan dari awal sampai sekarang memang lebih maju. Ini salah satu upaya membangun ekonomi kerakyatan, karena dilakukan bersama - sama masyarakat setempat," kata Sanem.

Dikatakan Sanem, koperasi ini turut menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan kesejahteraan. Sehingga terjadi pemerataan ekonomi dalam mewujudkan pembangunan ekonomi baru.

"Pengurus dan anggota koperasi itu sendiri. Saya berharap, koperasi ini kedepan juga bisa berperan serta bersama pemerintah untuk membangun daerah. Itu tentu nilai tambah dan daya saing untuk membentuk koperasi yang kuat dimasa yang akan datang," bebernya.

Selain meresmikan gedung Waserda koperasi plasma kacang butor. Kesempatan itu pula, Sanem membuka rapat anggota tahunan (RAT) koperasi plasma kacang butor. 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved