Hujan Lebat, Lagi-lagi Membuat Rumah Seputaran Manggar Tergenang

Beberapa Rumah warga kecamatan Manggar, Belitung Timur (Beltim) kembali tergenang air setelah hujan lebat pada Minggu

Hujan Lebat, Lagi-lagi Membuat Rumah Seputaran Manggar Tergenang
dokumentasi Tagana Belitung Timur
Beberapa Rumah di seputaran Kecamatan Manggar Tergenang air, akibat hujan lebat di Belitung Timur. Minggu (17/2) 

POSBELITUNG.CO--Beberapa Rumah warga kecamatan Manggar, Belitung Timur (Beltim) kembali tergenang air setelah hujan lebat pada Minggu (17/2/2019)

Diantaranya yakni di Dusun Cemara Desa Kurnia Jaya Manggar, Ruslan Desa kurnia Jaya mengeluhkan genangan tersebut sudah sering terjadi belakangan ini.

Air menggenangi rumahnya serta beberapa rumah disekitarnya hingga ketinggian lutut orang dewasa.

"Ini sudah lama terjadi, namun belum ade perhatian. Ke RT la aku sampaikan, ke Kadus juga. Hingga hari ini belum ada solusi e," keluh Ruslan.

Hal yang sama di Desa Kurnia Jaya juga dirasakan oleh Ng chai fat, air menggenangi seisi rumahnya hingga 50 cm.

"La sering ini, barang-barang kami rusak, HP juga rusak," ujar warga Jalan Kelenteng Kurnia tersebut.

Selain itu, Genangan tinggi juga terjadi di beberapa wilayah lainnya di kecamatan Manggar.

Dusun Gajah Mada Manggar misalnya, Kepala Dusun Gajah Mada Manggar, Suwarjono menyesalkan sejak terpasangnya penyempitan gorong-gorong seputaran Showroom Jialing Manggar, mengakibatkan langganan genangan air dikampungnya.

"Disini banyak rumah yang terendam, kami berharap agar itu di bongkar, diganti dengan yang lebih besar," harap Suwarjono.

Sementara itu Camat Manggar Amirudin saat ditemui Posbelitung menyampaikan lokasi tergenang air sudah pernah dilakukan pemetaan mungkin oleh dinas terkait, masyarakat menunggu kapan eksekusinya.

Menurut Amir untuk penanganan hal tersebut tidak bisa diserahkan ke pemerintah desa saja untuk mengalokasi anggaran yang cukup besar yang memerlukan kajian teknis.

"Ini perlu kajian teknis, airnya mau dibuang kemana, hulu hilirnya mau kemana ini kan memerlukan kajian teknis, ini kan masih timbul beberapa genangan air yang sebenarnya bisa diprediksi,

memang satu diatara penyebabnya disamping ada terseumbatnya gorong-gorong atau bandar, ada pembuangan yang tidak bisa menampung air dengan kapasitas banyak," ujar Amir kepada posbelitung, (17/2/2019). 

Kepala Kordinator Tagana Belitung Timur, Mahroni Hidayat (Dayat) saat dihubungi Posbelitung menyampaikan hujan pada hari Minggu (17/2) menyebabkan beberapa rumah tergenang diantarnya. Dusun harapan desa Lalang Jaya 1 rumah. Dusun gajah mada Desa Mekar Jaya 2 rumah. Dusun assalam Desa Baru  3 rumah.

"Air yang masuk ke rumah sekitaran dari 5- 15 cm, Kondisi terakhir sampai pukul17.30 WIB air sudah surut," ujar Dayat.(*)

Penulis: Suharli
Editor: tidakada016
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved