Breaking News:

Pemkab Belitung Seleksi Produk Makanan UKM, Siapkan Festival Food Street

Yang kami lakukan ini tujuannya untuk menyeleksi, UKM mana yang cocok dari sisi kualitas, rasa, kebersihan

posbelitung.co/dede s
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie bersama Commersil Director PT Indonesia Air Asia Rifai Taberi mencicipi makanan olahan pelaku UKM, Selasa (19/2/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemkab Belitung terus melakukan persiapan gelaran festival food street sebagai muara food street berkelanjutan.

Oleh sebab itu, OPD terkait seperti Dinas UKM Koperasi dan Tenaga Kerja, Dinas Pariwisata melakukan seleksi para pelaku UKM yang akan berpartisipasi dalam gelaran tersebut, Selasa (19/2/2019).

Proses seleksi kedua yang disebut test food dilakukan di Hotel Billiton, dimana Bupati dan Wakil Bupati Belitung mengajak jajaran PT Air Asia mencicipi produk olahan pelaku UKM.

"Yang kami lakukan ini tujuannya untuk menyeleksi, UKM mana yang cocok dari sisi kualitas, rasa, kebersihan, harga jual dan lainnya. Makanya pada proses ini kami melibatkan Persatuan Chef Profesional Indonesia (PCPI) untuk mendampingi mereka," ujar Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

Ia menjelaskan, 30 pelaku UKM yang lolos seleksi akan diberikan kursus sertifikasi layak higienis dan sinitasi di Dinas Kesehatan.

Setelah lulus selama dua hari kursus, sertifkat mereka akan disampaikan kepada LPOM MUI untuk diaudit mendapatkan sertifikat halal.

"Setelah semua proses dilalui, orang-orang ini lah nantinya yang akan berjualan di halal food street kita. Kalau masih ada yang berminat silahkan daftar di Dinas UMKM Koperasi dan Tenaga Kerja," kata Isyak.

Ia menambahkan, Pemkab Belitung berencana akan membuka dua macam food street, yaitu halal food street dan universal food street.

Dua bagian itu akan di tempatkan di lokasi yang terpisah dan cukup jauh.

Masing-masing dari program tersebut membutuhkan 30 pelaku UKM untuk berpartisipasi.

Sementara itu, pemilihan lokasinya pemda menyarankan halal food street di Jalan Sekolah (depan SMPN 1 Tanjungpandan) dan sekitaran Bundaran Tugu Satam untuk universal food street.

"Kami masih menunggu momentum yang pas, tapi yang akan dikerja ini halal food street di bulan Maret. Kalau waktunya nanti di akhir pekan malam hari," kata Isyak.

Penulis: Dede Suhendar
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved