Breaking News:

Peringatan Hari Sampah Nasional, Petugas Temukan Sampah Plastik dan Rumah Tangga

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, banyak mendapatkan sampah plastik diseputaran Tanjungpandan.

Pos Belitung/Disa Aryandi
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, kamis (21/2/2019) melakukan pembersihan sampah di simpang kolam jalan sripinai, Tanjungpandan, Belitung. 

POSBELITUNG.CO - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, banyak mendapatkan sampah plastik diseputaran Tanjungpandan. Terutama di tempat pembuangan sampah simpang pemandian kolam Sripinai, Jembatan Pilang, dan di pantai Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan.

Sampah plastik tersebut, dikumpulkan dan mencapai muatan lima truk. Adanya kegiatan bersih sampah itu, selain dari sebagai tugas pokok bidang kebersihan, ini sebagai bentuk peringatan hari sampah nasional tahun 2019.

Titik pengambilan sampah itu, kemarin memang sudah menjadi target Organisasi Perangkat Daerah (OPD) satu ini. Sampah itu setelah dikumpulkan, lantas tampung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Sadai, Desa Juru Seberang.

"Kebetulan hari ini (kemarin) hari sampah jadi kami sejak pagi tadi, terus berbenah tiada henti untuk perang terhadap sampah ini. Tadi pagi juga (kemarin), kami bekerjasama membersihkan sampah di Tanjung Pendam bersama pihak TNI-Polri," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada posbelitung.co, kamis (21/2/2019).

Kegiatan pembersihan sampah ini, kata dia, puncaknya pada hari ini dengan launching program LEBAH (Laskar Bersih Dari Sampah).

Tidak dipungkiri, selama memberiskan sampah di wilayah Tanjungpandan, yang paling banyak diketemukan sampah plastik dan rumah tangga. Sehingga ini menjadi 'PR' bersama, mengingat Belitung kini sudah menjadi daerah tujuan wisata.

"Maka nya nanti, kami tindaklanjutnya sekarang sedang menyiapkan dua peraturan bupati (Perbup) tentang pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai, dan perbup tentang tata cara pemberian sanksi penggalaran bagi masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya," bebernya. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved