Sempat Terganggu Akibat PLTU Disambar Petir, Pasokan Listrik Belitung Menuju Normal

Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman bergilir yang terjadi beberapa hari ini. Saat ini upaya perbaikan

Sempat Terganggu Akibat PLTU Disambar Petir, Pasokan Listrik Belitung Menuju Normal
IST/dok PLN UP3 Belitung
Manajer PLN UP3 Belitung Joko Nur Astanto memantau proses perbaikan mesin pembangkit PLTU Suge, Selasa (26/2/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Gangguan pada mesin pembangkit PLTU Belitung Unit 1 dan Unit 2 yang mengakibatkan terganggunya suplai listrik ke sejumlah wilayah di pulau Belitung berangsur mulai bisa diatasi.

Gangguan yang terjadi akibat sambaran petir membuat kelistrikan di Belitung dan Belitung Timur mengalami kekurangan daya listrik sebesar sekitar 6 MW.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman bergilir yang terjadi beberapa hari ini. Saat ini upaya perbaikan terus kami lakukan.

Petugas terus bekerja non stop. Kami berharap prosesnya berjalan lancar sehingga suplai listrik kembali normal," kata Manajer PLN UP3 Belitung Joko Nur Astanto atau akrab disapa Tatan saat memantau proses perbaikan gangguan di Suge, Selasa sore (26/2/2019).

Tatan mengatakan, sejak Senin malam kondisi suplai listrik berangsur membaik. Pada sekitar pukul 23.00 WIB mesin PLTU unit 1 sudah bisa operasi dan sinkron dengan MPP sehingga bisa memperkuat sistem kelistrikan Belitung.

“Dengan beroperasinya unit 1 tersebut pasokan energi listrik relatif membaik. Karena proses masuknya beban bertahap kalaupun masih terjadi defisit sudah tidak sebesar beberapa hari yang lalu”, imbuh Tatan.

Berbarengan dengan beroperasinya Unit 1 yang pembebanan mesinnya secara bertahap, petugas juga melakukan persiapan dan tes instrument agar pembangkit Unit 2 juga bisa segera beroperasi.

“Untuk pembangkit Unit 2 saat ini masih dilakukan test modul dan setting proteksi. Jika semua dipastikan sudah sesuai dan aman akan mulai masuk ke tahap firing mesin yang prosesnya membutuhkan waktu beberapa jam”, demikian Tatan menambahkan.

Meskipun kondisi kelistrikan di Belitung sudah berangsur membaik dan pemadaman sudah bisa diminimalisir, Tatan mengatakan untuk mengantisipasi beban puncak, PLN tetap mengimbau agar warga bisa mengurangi pemakaian listrik untuk sementara waktu sampai kondisi kelistrikan Belitung benar-benar normal kembali.

“Kami tetap menghimbau masyarakat sementara menggunakan listrik dengan efisien. Dengan demikian diharapkan mampu membantu menekan defisit daya yang mungkin masih bisa terjadi hari ini serta dapat mengurangi dampak pemadaman”, kata Tatan.

"Selama 3 hari ini seluruh tim sudah bekerja keras, baik untuk percepatan pemulihan kondisi kelistrikan di PLTU Belitung maupun dalam mengatur distribusi listrik ke pelanggan untuk meminimalkan dampak dari pemadaman.

Kami juga meminta agar warga tidak terlalu panik karena teknisi PLN tengah berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan proses penormalan.

Terimakasih kepada pihak-pihak yang memberikan support dan doa agar kelistrikan Belitug segera pulih kembali. Ini menjadi tambahan semangat bagi kami”, kata Tatan.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved