Breaking News:

Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0414 Belitung Gelar UTP

Kegiatan yang diikuti oleh 115 prajurit bintara dan tamtama itu dipimpin oleh Kapten Cpm Noverianto

Penulis: Dede Suhendar |
IST/dok Kodim 0414 Belitung
Prajurit Kodim 0414 Belitung mengikuti UTP umum Teritorial tahun 2019, Kamis (28/2/2018). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Demi mengasah kemampuannya para prajurit, Kodim 0414 Belitung menggelar  Uji Trampil Perorangan (UTP) umum Teritorial tahun 2019 yang di gelar selama tiga hari mulai Selasa (26/2/2019)sampai Kamis (28/02/2019) di Markas Kodim 0414 Belitung Jalan Merdeka nomor 1 Tanjungpandan.

Kegiatan yang diikuti oleh 115 prajurit bintara dan tamtama itu dipimpin oleh Kapten Cpm Noverianto sebagai komandan latihan  dan Kapten Inf Tugino sebagai Kepala Tim Penguji.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menguji prajurit jajaran Kodim sesuai dengan pangkat dan jabatannya.

Selain itu memelihara kemampuan bagi prajurit sesuai dengan strata kepangkatannya guna mendukung satuan dalam pelaksanaan tugas di Wilayah sehingga terwujudnya prajurit yang profesionalisme," ujar Kepala Staf Kodim 0414/Belitung Mayor Inf Ruhin  seijin Dandim Letkol Inf Indra Padang, melalui siaran rilis Kamis (28/2/2019).

Ia mengatakan terdapat dua materi latihan yang diberikan dalam UTP kali ini yaitu tentang persoalan pengetahuan kemiliteran dan keterampilan keprajuritan.

Khusus persoalan pengetahuan yang diujikan  yaitu tingkat kecakapan satu untuk prajurit yang berpangkat Prajurit Dua, kecakapan dua untuk Prajurit Satu dan Prajurit Kepala, Kopral Dua.

Lalu, pada tingkat Kecakapan tiga, untuk prajurit yang berpangkat Kopral Satu dan Kopral Kepala masuk tingkat kecakapan 4,

kecakapan 5 bagi prajurit yang berpangkat Sersan Dua dan Sersan Satu serta kecakapan 6 untuk Sersan Kepala dan Sersan Mayor.

Sementara, lanjut Ruhin, untuk soal materi keterampilan, semua pelaku latihan dari prajurit yang berpangkat Prajurit Dua hingga Sersan Mayor dapat menyebut tanda-tanda peta,

mengusung korban atau mampu mengikat tawanan dengan benar dalam waktu tiga menit dan tidak dapat dilepaskan tawanan, melaksanakan bongkar pasang senjata FN 46 dan senjata M16 A.1.

"Diperolehnya suatu data penilaian yang valid sesuai Buku Pedoman Umum Prajurit (BPUP) I-VII tentang pemahaman dan penguasaan materi oleh Prajurit

Pengetahuan dan Keterampilan umum  sesuai tingkat keterampilannya untuk kepentingan Pembinaan Personel dan pembinaan latihan" jelas Kasdim. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved