Breaking News:

Berita Belitung

Empat Agen Resmi Gas Elpiji Subsidi di Pulau Belitung, Diskoperdag Ekstra Lakukan Pengawasan

HET yang sudah ditetapkan tersebut, Rp 22.500,- per tabung untuk wilayah daratan Pulau Belitung, berlaku hingga ke eceran atau pangkalan penjualan

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Pos Belitung/Disa Aryandi
Pembagian tabung Gas Elpiji 3 Kg di Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO - Terdapat empat agen resmi Gas Elpiji 3 Kg ini sudah terdaftar di Pertamina dan Pemerintah Kabupaten Belitung serta Belitung Timur. Empat Agen itu, satu Agen berada di Belitung Timur dan tiga Agen berada di Kabupaten Belitung.

HET yang sudah ditetapkan tersebut, Rp 22.500,- per tabung untuk wilayah daratan Pulau Belitung, berlaku hingga ke eceran atau pangkalan penjualan. Sehingga apabila ditemukan tidak sesuai dengan HET, maka tidak dibolehkan dan sudah melanggar peraturan.

"Nah kami disini mengantisipasi muncul agen lain, karena yang sekarang ini hanya empat agen. Tentu kami tetap mengawasi pengembangannya seperti apa, dan sifat kami melakukan pengawasan dan peninjauan," kata Kabid Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan (Diskoperdag dan Naker) Kabupaten Belitung Wigman WS kepada posbelitung.co, Jumat (1/3/2019)

Pengawasan yang dilakukan oleh Bidang Usaha Perdagangan itu, tentu bukan hanya sebatas di Agen saja. Peninjauan dan pengawasan terhadap HET yang sudah ditetapkan, akan dilakukan hingga ke pengecer, lantaran HET tersebut berlaku hingga ke pengecer.

"Karena HET ini tidak tebang pilih hanya di agen saja, tapi secara menyeluruh hingga ke tingkat bawah. Termasuk untuk penyaluran nya akan kami lakukan pengawasan," bebernya.

Secara keseluruhan, terdapat 36.609 kepala kelurga (KK) yang semula mendapatkan satu paket kompor Gas Elpiji, berikut dengan tabung Gas Elpiji 3 Kg. Perputaran terhadap edaran Gas Elpiji dengan jumlah tersebut, menjadi warning bagi mereka.

"Kami tetap akan mengecek sesuai dengan data itu. Lebih dari itu masuk ke Belitung, tidak boleh. Apabila ada pasokan yang lebih, maka ada unsur permainan disitu dan akan kami lakukan penindakan. Kami sejauh ini masih memperdalami itu, dan paling banyak untuk satu kali angkut itu dari Pangkalpinang 4000 tabung," pungkasnya. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved