Berita Belitung

Usaha Pariwisata Bisa Manfaatkan KUR, Ini Syaratnya

Penyaluran KUR di Belitung maupun Belitung Timur, kata Mirza menyentuh hingga Rp 108,6 miliar dari target yang ditetapkan sejumlah Rp 88,4 miliar.

Usaha Pariwisata Bisa Manfaatkan KUR, Ini Syaratnya
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Asisten Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Tanjungpandan Mirza di sela kegiatan sosialisasi dan coaching clinic pembiayaan usaha pariwisata di Hotel BW Suite, Selasa (5/3/2019). 

POSBELITUNG.CO - Usaha pariwisata seperti jasa angkutan darat dan laut, suvenir kerajinan, usaha kuliner dan homestay dapat memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) dalam peningkatan permodalan usaha.

KUR tersebut diberikan dengan bunga 7 persen dengan pinjaman bergantung jenis kredit yang dipilih. Bagi KUR mikro pinjaman maksimal yakni Rp 25 juta, sedangkan KUR kecil mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta.

"KUR ini memang diberikan pada semua sektor usaha dengan beberapa persyaratan misalnya minimal usaha sudah berjalan dalam 6 bulan," ujar Asisten Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Tanjungpandan Mirza di sela kegiatan sosialisasi dan coaching clinic pembiayaan usaha pariwisata di Hotel BW Suite, Selasa (5/3/2019).

Dalam mendapatkan kredit tersebut, nasabah pun harus melengkapi persyaratan lainnya seperti KTP, izin usaha mikro kecil (IUMK), usaha masuk dalam kriteria yang ditetapkan serta mampu mengangsur pinjaman.

Secara ketentuan, pinjaman KUR pun tak diwajibkan ada agunan atau jaminan.

"KUR secara ketentuan agunan memang tidak wajib, namun perbankan punya tanggung jawab agar nasabah mengembalikan kredit, sehingga diminta agunan tambahan bersifat psikologis. Kalau tidak ada sama sekali (agunan) tidak masalah asal usahanya memiliki prospek yang baik," tambahnya.

Penyaluran KUR di Belitung maupun Belitung Timur, kata Mirza menyentuh hingga Rp 108,6 miliar dari target yang ditetapkan sejumlah Rp 88,4 miliar.

"Tahun ini anggaran kuota KUR ditingkatkan sehingga tentunya akan berdampak target yang akan disalurkan, angkanya belum tahu, tapi dipastikan akan meningkat," tuturnya. (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

 
 

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved