Bahar Buasan Ingin Optimalkan Koperasi untuk Sejahterakan Petani

Bahar Buasan berkomitmen untuk membantu meningkatkan keuntungan bagi kalangan petani lokal.

Bahar Buasan Ingin Optimalkan Koperasi untuk Sejahterakan Petani
Pos Belitung
Bahar buasan saat memberi masukan pada koperasi sekunder di Selindung 

POSBELITUNG.CO -- Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan berkomitmen untuk membantu meningkatkan keuntungan bagi kalangan petani lokal. Lewat kemandirian koperasi sebagai perkumpulan petani maupun nelayan yang ada di Babel.

Hal itu disampaikan Bahar saat dirinya menyambangi kantor koperasi sekunder dihadapan para pengurus koperasi Bangka Belitung di Selindung.

"Kita akan bantu memediasi ke kementerian terkait soal masalah-masalah yang dihadapi oleh para petani maupun nelayan," ujar Bahar Buasan.

Adapun pesan yang disampaikan Senator tersebut dihadapan pengurus yaitu soal bagaimana meningkatkan efesiensi dan produktivitas bagi petani maupun nelayan di Babel.

"Jadi bukan hanya berbicara soal harga, tetapi bagaimana agar petani kita bisa meningkatkan produksi dan meningkatkan efesiensi dari petani dan nelayan itu sendiri. Yang kita bicarakan sekarang bagaimana petani tersebut mendapatkan selisih harga yang tinggi daripada sebelumnya," kata Bahar.

Pemikiran Bahar Buasan tersebut mendapat sambutan baik dari ketua Koperasi Babel, Kongtang (52). Dirinya mengaku sepemikiran dengan Bahar Buasan soal selisih harga yang tinggi didapat oleh masyarakat dan soal efesiensi dan tingginya poduksi.

"Baru kali ini sebenarnya Anggota DPD RI datang ke koprasi kami pak. Apa yang bapak sampaikan sepemikiran dengan kami pengurus koperasi. Tentang selisih harga yg didapatkana petani lebih besar daripada sebelumnya dan petani lebih untung karena peningkatan produksinya," ujar ketua koperasi sekunder yang berkantor di Selindung tersebut.

Mendengar hal itu, Bahar Buasan berbicara tentang background pengalamannya di garmen soal peningkatan efesiensi dan produk. Dirinya sadar bahwa harga dipengaruhi oleh internasional. Karena itu dirinya berfikir kedepan soal peningkatan nilai ekonomi yang didapat oleh petani maupun nelayan.

"Harga itu ditentukan oleh internasional, kita didaerah tidak bisa mengolahnya. Tapi sekarang kita berusaha beralih dari penjualan raw material kepada pengolahan produksi pertanian menjadi produk jadi, yang nilainya jualnya lebih tinggi sehingga membuat masyarakat lebih sejahtera," kata Bahar Buasan.

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved