Gaji Kecil Jadi Alasan Tidak Bisa Menabung? Pahami Faktor Utama Ini

Ia menjelaskan, niat dan langkah mau menabung itu bermula dari diri seseorang.

Gaji Kecil Jadi Alasan Tidak Bisa Menabung? Pahami Faktor Utama Ini
SUNEducationGroup.com
Ilustrasi menabung 

POSBELITUNG.CO - Gaji yang kecil sering jadi alasan seseorang tak bisa menabung. Akibatnya, ia tidak memiliki dana yang cukup untuk masa depannya.

Namun, sebenarnya Anda tetap bisa menabung walau penghasilan kecil sebab, faktor utama untuk menabung ada pada kemahiran mengatur keuangan.

Perencana keuangan Imelda Tarigan mengatakan, sejatinya seseorang tidak akan merasa cukup berapapun besar gajinya, sehingga tidak mau berinvestasi dengan menabung. Kendati demikian, persoalan ada pada kemampuan mengatur keuangan, baik pengeluaran dan pemasukan.   

"Penghasilan itu enggak akan cukup, siapapun. Kalau ada orang yang merasa gajinya besar dan merasa cukup, itu enggak akan ada yang namanya koruptor. Jadi orang itu, sifat memang merasa selalu enggak cukup," kata Imelda kepada Kompas.com, Senin (11/3/2019).

"Jadi untuk menanganinya adalah harus pintar mengelola keuangan," ujarnya.

Menurut Imelda, cara yang paling tepat dan baik untuk supaya bisa menabung adalah mengatur mengelola keuangan. Ini merupakan hal yang paling dasar supaya bisa merencakan program menabung tersebut.   

Jika tidak juga bisa, harus ada cara lain kalau memang dari sisi besaran gaji tidak memungkinkan disisihkan karena banyaknya kebutuhan sehari-hari.

"Jadi memulainya dengan mengelola pengeluaran, tetapi setelah (dilakukan) paling basic pun susah gitu, itu berarti harus ada penghasilan tambahan. Simple mengelola pengeluaran atau mencari penghasilan tambahan," tuturnya.

Dia menambahkan, hingga kini tidak ada formula baku berapa persen besaran uang yang harus ditabung dari penghasilan bulanan. Pasalnya, itu bergantung pada tujuan yang akan dicapai dari rangkaian aktivitas menabung yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu sehingga, tidak perlu khawatir dan bimbang berapa besaran uang yang harus ditabung setiap bulannya.

"Sebetulnya, tidak ada satu rumus berlaku untuk semua orang. Jadi masing-masing orang punya target investasinya. Tergantung dari tujuan cita-cita kehidupannya, cita-cita keuangannya. Yang penting adalah jangan sampai untung lebih besar daripada aset. Jangan sampai begitu," ungkapnya.

Ia menjelaskan, niat dan langkah mau menabung itu bermula dari diri seseorang. Mudahnya, ketika menabung orang tersebut harus punya rencana akan dibawa kemana dana tabungan itu nantinya. Misalnya saja membeli rumah, membeli kendaraan, atau lainnya.      

"Kita harus bermula dari mau ngapain, tujuan kita menabung? Setelah itu (tahu) berapa banyak yang harus kita sisihkan tiap bulan dari penghasilan supaya mencapai tujuan keuangan," lanjutnya.

Imelda menilai, semakin maju perkembangan zaman dan dunia tidak ada alasan seseorang untuk tidak menambung. Karena urusan menabung tidak mengenal waktu.

"Setiap saat relevan menabung, sepanjang masa," tandasnya. (*)

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul : Tak Bisa Menabung Gara-gara Gaji Kecil? Pahami Faktor Utama Ini   

Editor: tidakada011
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved