Berita Belitung

SMA Negeri 1 Tanjungpandan Menangkan 7 Medali Emas Olimpiade Sains Kabupaten

Sekolah tersebut mendapat total raihan 18 medali. Bahkan 7 medali emas berhasil direbut dari 9 cabang olimpiade yang digelar.

SMA Negeri 1 Tanjungpandan Menangkan 7 Medali Emas Olimpiade Sains Kabupaten
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Penyerahan hadiah kepada pemenang olimpiade sains kabupaten di SKB Tanjungpandan, Desa Perawas, Jumat (22/3/2019) sore. 

POSBELITUNG.CO - SMA Negeri 1 Tanjungpandan menjadi juara umum pada olimpiade sains kabupaten (OSK) yang diumumkan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung di SKB, Desa Perawas, Tanjungpandan, Jumat (22/3/2019) sore.

Sekolah tersebut mendapat total raihan 18 medali. Bahkan 7 medali emas berhasil direbut dari 9 cabang olimpiade yang digelar.

"Tahun ini memang lebih banyak dari tahun lalu. Sekarang kan ada 7 medali emas dari sembilan cabang olimpiade, jadi yang lepas ekonomi dan astronomi," ujar Kepala SMA Negeri 1 Tanjungpandan Haryanto.

Cabang olimpiade sains yang digelar yakni matematika, kimia, fisika, dan biologi. Juga informatika, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi.

Ia menjelaskan, para siswa yang mengikuti olimpiade pun sudah mempersiapkan diri selama setahun. Setiap bidang studi pun dibina oleh guru. Bahkan ketika mendekati olimpiade, para siswa pun akan mengikuti latihan intensif selama seminggu.

Usai memenangkan olimpiade di tingkat kabupaten, selanjutnya para siswa tersebut akan diikutsertakan pada olimpiade sains provinsi (OSP). Kata dia, para siswa tersebut akan dibina kembali oleh guru.

"Walau memang kalau prosedur dari Kementerian itu kalau sudah juara di kabupaten menjadi tanggungjawab kabupaten (membina). Kenyataannya memang tetap harus dibina sekolah," lanjutnya.

Tahun lalu sempat ada siswa yang bisa mengikuti olimpiade sains tingkat nasional meski belum masuk jajaran pemenang, ia pun menargetkan tahun ini siswanya mampu menjadi satu di antara pemenang di tingkat nasional.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi mengatakan usai digelar OSK ini, selanjutnya para pelajar akan mengikuti OSP yang akan digelar sekitar pertengahan April mendatang.

Bukan hanya pemenang pertama yang dikirim ke provinsi, namun juga pemenang 1, 2, dan 3 pun akan diboyong mengikuti olimpiade tingkat provinsi. Sehingga pemenang 2 dan 3 tingkat kabupaten pun tetap memiliki peluang memenangkan olimpiade di provinsi.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved