Kriminalitas

Unit Buser Polres Belitung Bekuk Pelaku Pencurian hingga Daerah Lubuk Besar Bangka

‎Berdasarkan pengakuan tersangka, dirinya sengaja berkunjung ke Belitung untuk melakukan tindak pidana pencurian.

Unit Buser Polres Belitung Bekuk Pelaku Pencurian hingga Daerah Lubuk Besar Bangka
posbelitung.co/dede s
TH (33) pelaku pencurian di daerah Kelurahan Pangka Lalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung diamankan jajaran Satreskrim Polres Belitung, Jumat (22/3/2019). 

POSBELITUNG.CO - Jajaran Satreskrim Polres Belitung ‎kembali berhasil membekuk pelaku pencurian yang terjadi di Kelurahan Pangkal Lalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Minggu (27/1/2019) lalu.

Anggota Unit Buser menangkap pelaku berinisial TH (33) yang berada di Desa Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (19/3/2019) lalu.

"Hasil penyelidikan anggota Buser, pelaku ini sudah berada di Lubuk Besar, Bangka Tengah. Sekarang pelaku sudah diamankan di Polres Belitung dan ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kasatreskrim Polres Belitung AKP Erwan Yudha kepada posbelitung.co, Jumat (22/3/2019).

Ia menjelaskan awal terungkapnya identitas tersangka saat anggota Unit Buser Satreskrim Polres Belitung mendapat informasi penggadaian handphone yang diduga barang bukti pencurian.

Lalu setelah dilakukan penyelidikan dan keterangan korban ternyata handphone tersebut memang milik korban yang dibuktikan berdasarkan nomor IMEI yang tertera di kotak handphonenya.

Setelah kembali mengumpulkan informasi dari lapangan, ternyata tersangka sudah berada di Desa Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Mendapat informasi tersebut, jajaran Buser Satreskrim Polres Belitung langsung menangkap pelaku yang sebelumnya berkoordinasi dengan jajaran Polres setempat.

"Untuk barang bukti handphone merek xiaomi, laptop Asus dan hardisk eksternal sudah digadai tersangka sebelum dia pulang ke Pulau Bangka. Tapi semuanya sudah kami amankan kembali," ungkap Erwan.

‎Berdasarkan pengakuan tersangka, dirinya sengaja berkunjung ke Belitung untuk melakukan tindak pidana pencurian.

Setelah berhasil mencuri, tersangka langsung kembali lagi ke Pulau Bangka.

Sedangkan modus tersangka melakukan pencurian dengan cara mencongke jendela rumah korbannya sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

"Kalau dari informasi ternyata tersangka ini residivis kasus yang sama. Tapi kalau pengakuannya sementara ini baru satu tempat yang dicuri," katanya.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat Pasal 363 Ayat (1) Tentang Pencurian KUHPidana ‎dengan ancaman hukum sekitar lima tahun.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved