Berita Belitung

Yuslih Ihza Buka Kegiatan Musrembang RKPD 2020 Belitung Timur

Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza buka kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) RKPD 2020 Kabupaten Belitung Timur

Yuslih Ihza Buka Kegiatan Musrembang RKPD 2020 Belitung Timur
posbelitung/suharli
Penandantangan Berita acara hasil musrembang 2019 dalam rangka penyusunan RKPD 2020 oleh Bupati Beltim perwakilan dari stakeholder terkait, swasta, Ormas/LSM dan elemen masyarakat. Jumat (22/3/2019) 

POSBELITUNG.CO  - Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza buka kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) RKPD 2020 Kabupaten Belitung Timur, bertempat di Ruang Satu Hati Bangun Negeri, Kantor Bupati Beltim. Jumat (22/3/2019).

Yuslih menyampaikan Musrenbang ini dilaksanakan guna menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2020 dan sebagai dasar penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Belitung Timur Tahun Anggaran 2020.

"Tujuan kegiatan Musrenbang Kabupaten ini, adalah untuk menetapkan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan, yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di lingkup Kabupaten yang tertuang dalam rencana kerja OPD,"ujar Yuslih dalam sambutannya.

Selain itu dilanjutkan Yuslih, "untuk mempertajam indikator serta target kemana program serta lokasi kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi OPD masing-masing, sekaligus mensosialikan program kegiatan prioritas Kabupaten yang akan dituangkan ke dalam Renja OPD Tahun 2020.

Musrebang Kabupaten Belitung Timur Tahun 2020 mengusung tema “Menumbuhkan Kemandirian Ekonomi Dengan Menggerakkan Sektor-Sektor Ekonomi Kerakyatan".

Semementara itu  Plt Kepala BP4D Bayu Priyambodo, menyampaikan sebelum tahapan Musrembang Kabupaten dilaksanakan, sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan fasilitasi usulan permohonan dari Pemdes, Kegiatan konsultasi publik, Pembukaan rankaian kegaitan Musrembang kecamatan dan Forum OPD, Membahas penelahaan kelompok pikiran DPRD dan usulan hiba Bhaksos yang masuk ke BP4D yang diselaraskan dengan prioritas pembangunan daerah.

"Pelaksnana pembukaan Musrembang Kabupaten akan dilanjutkan dengan pembahasan desk pada 25 sampai dengan 26 Maret 2019 guna membahas usulan yang telah diakomodir oleh OPD," ujar
Bayu dalam sambutannya.

Sedangkan untuk finalisasi penyusunan RKPD dilaksanakan akhir april 2019 dan penetapkan RKPD 2020 pada akhir Mei 2019.

Bayu juga menyampaikan proyeksi kemampuan keuangan daerah Kabupaten Beltim yaitu, untuk pendapatan sebesar RP 904 Milyar, Belanja langsung sekitar Rp 486 Milyar dan Belanja tidak langsung Rp 493 Milyar. Serta terdapat Selisi kemampuan keuangan dan belanja selanjutnya akan dipaparakan dan dibahas dalam desk terhadap usulan/target guna mencapai prioritas daerah.

Dia juga menerangkan Kabupaten Beltim telah mendukung dan mensingkronkan Program kegiatan pembangunan Pemda dengan program prioritas nasional yang tertuang dalam RKP 2019 dan prioritas provinsi oleh Tim penyusun program RKPD 2020. Posbelitung.co/suharli

Adapun prioritas pembangunan yang ditelah ditetapkan oleh Pemda Kab. Btim dalam RKPD 2020 diantaranya:
1). Prioritas program nasional terhadap 6 prioritas nasional yang telah disingkronkan dengan Pembangunan daerah terdiri atas 150 program dan 689 kegiatan dengan pagu sekitar Rp 206 Milyar.
2). Prioritas program provinsi ada 6 prioritas yaitu pengembangan agropolitan, pariwisata, bahari, pendidikan, kesehatan dan tata kelola pemerintahan dan pelayan publik. Selanjutnya telah disingkronkan dengan 53 program, 364 kegiatan dengan anggaran Rp 126 Milyar.3) Prioritas pembangunan daerah Kabuoaten Beltim 2020 terhadap 6 prioritas program nasional untuk Pemda Kabupaten Beltim telah ditetapkan dalam 211 program dan 1.440 kegiatan dengan belanja langsung Rp. 426.670.390.600,- dan sudah di bagi dalam seluruh OPD di kab. Beltim sesuai yang akan dijalankan.

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved