Berita Belitung

Desa Membalong Bentuk Laskar Lebah Setiap Dusun

Satgas Lebah ini, merupakan suatu yang sangat penting mengingat permasalahan sampah, terutama sampah plastik

Desa Membalong Bentuk Laskar Lebah Setiap Dusun
Ist/dok Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung
Pemdes Membalong Bentuk Satgas Lebah, Jumat (22/3). 

POSBELITUNG.CO  - Satuan Tugas (Satgas) Laskar Bersih dari Sampah (Lebah), kini sudah terbentuk di Desa Membalong, Kecamatan Membalong. Ada 7 unit Satgas Laskar Lebah ini sudah dibentuk oleh Pemerintah Desa (Pemdes) tersebut di setiap dusun. Satgas Lebah ini dibentuk, sebagai wujud menyambut program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

Satgas Lebah ini, merupakan suatu yang sangat penting mengingat permasalahan sampah, terutama sampah plastik bukan hanya tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung. Sehingga seluruh pemerintahan paling bawah kini harus terlibat.

"Kami sambut baik program Lebah itu, sehingga kami membentuknya ditingkat Desa. Kami pikir ini sangat bagus sekali, jadi kenapa tidak ada turunannya di tingkat Desa dan Dusun," ungkap Kepala Desa Membalong Firman kepada posbelitung.co, Sabtu (23/3/2019).

Kata Firman, program Lebah tersebut merupakan program kerja nyata yang sangat tepat. Terutama untuk mengantisipasi atau mengatasi permasalahan kebersihan di lingkungan.

"Ini sebagai bentuk dukungan kami dalam pelaksanaan program Bupati dan Wakil Bupati Belitung. Kami sudah menyediakan SDM (Sumber Daya Manusia) dan sudah ada anggaran pembiayaan secara khusus di dalam APBDes," ujarnya.

Tentunya, kata Firman, disetiap Dusun di tujuh Desa Membalong terdapat satu Laskar Lebah. Ini sangat penting lagi kami 'tularkan' sampai ke tingkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), agar tercipta nya lingkungan bersih dan membiasakan masyarakat untuk hidup sehat.

"Yang terpenting sadar kebersihan, karena walau bagaimana pun kebersihan adalah bagian dari iman. Apabila lingkungan bersih, maka masyarakat Desa membalong sudah beriman," ucapnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved