Yuk Ketahui 7 Etika Berwisata yang Berlaku di Mana Saja

Padahal ketika seorang wisatawan berbuat onar di sebuah destinasi, ada nama negara atau daerah yang tersemat sebagai identitasnya.

Yuk Ketahui 7 Etika Berwisata yang Berlaku di Mana Saja
ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO
Pengunjung berada di Taman Kebun Bunga Amarilis, Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta. 

POSBELITUNG.CO - Informasi yang kian mudah didukung penerbangan berbiaya rendah membuat wisata kini jadi aktivitas yang lumrah. Sayangnya masalah kerap terjadi ketika wisatawan tidak mematuhi aturan dan tidak memiliki etika.

Padahal ketika seorang wisatawan berbuat onar di sebuah destinasi, ada nama negara atau daerah yang tersemat sebagai identitasnya. Yuk, tetap mematuhi aturan dan menjaga perkataan serta perilaku selama berwisata, seperti berikut ini:

1. Cari Informasi yang Banyak

Sebelum pergi, carilah informasi yang banyak. Dari buku, internet, atau bertanya pada orang yang sudah pernah ke sana sebab masing-masing daerah punya budaya yang berbeda. Hal yang anda anggap biasa bisa jadi tidak biasa di destinasi tujuan.

2. Jangan Merasa Superior

Jangan pernah sekalipun merasa superior, karena anda turis atau karena anda mampu membiayai perjalanan sendiri. Justru karena anda turis harus tetap menghormati warga lokal dan sebisa mungkin berbaur.

3. Bertanya Boleh, Beropini Pikir Dahulu

Isu agama dan politik terbilang sensitif, berlaku di mana saja. Jika ingin bertanya mengenai demografi agama atau ideologi politik di destinasi tersebut sebagai pengetahuan, boleh saja. Namun baiknya simpan opini anda tentang agama dan politik.

4. Belajar Sedikit Bahasa dan Bahasa Tubuh

Sangat disarankan untuk belajar basaha dan bahasa tubuh destinasi tujuan anda. Sebab di beberapa negara, ada acungan jari, gerakan kepala, atau kalimat yang biasa di negara lain, ternyata dianggap kasar dan mencemooh.

Halaman
12
Editor: tidakada011
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved