Berita Belitung

190 Pejabat Kabupaten Belitung Sudah Lapor LHKPN, BKPSDM Optimis Dapat Kategori Taat dari KPK

Ratusan pejabat termasuk Bupati dan Wakil Bupati Belitung itu, sudah memberikan laporan dan saat ini sedang dalam tahap verifikasi.

190 Pejabat Kabupaten Belitung Sudah Lapor LHKPN, BKPSDM Optimis Dapat Kategori Taat dari KPK
Pos Belitung/Disa Aryandi
Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung Saprin 

POSBELITUNG.CO  - Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung, Jumat (29/3) sudah merangkum seluruh pejabat di Negeri Laskar Pelangi untuk memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI).

Pejabat yang sudah menyampaikan data LHKPN tahun 2018 sebanyak 190 orang. Ratusan pejabat termasuk Bupati dan Wakil Bupati Belitung itu, sudah memberikan laporan dan saat ini sedang dalam tahap verifikasi.

"Itu sudah semua, ada 190 orang dan mereka menyampaikan langsung ke KPK RI. Kami hanya bisa melihat, mereka sudah melapor atau tidak, untuk nilai nya berapa-berapa itu di KPK langsung," kata Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung Saprin kepada posbelitung.co, Jumat (29/3).

Daedline pengiriman LHKPN tersebut, tertanggal 31 Maret 2019 untuk laporan tahun 2018. Namun untuk berapa besar harta kekayaan 190 pejabat di Belitung ini, nantinya secara keseluruhan akan diumumkan oleh KPK RI.

"Kalau masalah nilai harta masing - masing itu nanti diumumkan oleh KPK RI, karena mereka yang menilainya. Tapi yang jelas nanti akan diumumkan oleh KPK RI. Tentunya KPK nanti akan memerintahkan kepada yang bersangkutan untuk segera diumumkan," ujarnya.

Pengumuman terhadap harta kekayaan itu, kata Saprin akan disampaikan di tempat terbuka atau bernuansa publik. Namun soal waktu LHKPN tersebut akan disampaikan, hingga kini belum diketahui.

"Belitung bertambah dari tahun kemarin, karena pelantikan yang kemarin juga jadi banyak pejabat yang baru. Kalau tahun kemarin hanya 173 orang, dan memang kalau yang tahun 2017 itu ada 17 orang telat, jadi mereka menyusul mengirimkan LHKPN. Tapi secara keseluruhan 100 persen," ucapnya.

Kabupaten Belitung di tahun kemarin, LHKPN tahun 2017 belum masuk ke dalam kategori taat. Lantaran hasil verifikasi KPK RI hanya 99 persen, karena ada satu orang pejabat yang tidak menyampaikan LHKPN.

"Tapi tahun ini kami yakin dapat kategori taat, karena tanggal hari ini (kemarin) sudah semua menyampaikan sebelum tanggal 31 Maret, dan sudah 100 persen. Jadi kami optimis dapat kategori taat," pungkasnya.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved