Bahar Buasan : Galeri Bun Menambah Spot Wisata Budaya Babel

Bahar Buasan mengakui keberadaan Galeri Bun bisa menambah spot wisata baru Babel. Galeri Bun bisa menjadi wisata berbasis budaya bagi masyarakat.

Bahar Buasan : Galeri Bun Menambah Spot Wisata Budaya Babel
Pos Belitung
Bahar Buasan : Galeri Bun Menambah Spot Wisata Budaya Babel 

POSBELITUNG.CO -- Calon Anggota DPD RI Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  Bahar Buasan mengakui keberadaan Galeri Bun bisa menambah spot wisata baru Babel. Galeri Bun bisa menjadi wisata berbasis budaya bagi masyarakat.

"Ini merupakan ikon pariwisata juga, nanti bisa menarik wisatawan dunia. Kalau mau cari tahu keturunan-keturunannya salah satunya bisa datang ke Bun Galery," pajak Bahar Buasan, kepada posbelitung.com,  Jum'at (29/3/2019) di Pangkalpinang.

Menurutnya, Bun Galery bisa menjadi contoh dalam hal catatan silsilah keluarga Tiong Hoa dan Melayu di Bangka Belitung.

"Kita harus mengapresiasi adanya Galeri Bun ini. Ini bisa menjadi sebuah contoh bagaimana kita merawat keturunan itu. Ini sebuah catatan sejarah sebenarnya," jelas Bahar Buasan.

Pengetahuan silsilah keluarga hingga beberapa keturunan keatas menurut Bahar sangat penting untuk diketahui, sebab dengan begitu masyarakat bisa tahu siapa saja saudara sedarahnya.

"Menurut saya sangat-sangat penting mengetahui silsilah keluarga. Kita harus tahu kita itu dari mana dan hubungan kita bagaimana. Sekarang saya merasakan, dengan adanya Galery Bun ini bukan hanya terkesan Tionghoa tapi ada kesan Melayu, tetapi mempunyai keturunan dari Marga Bun. Jadi terasa wujud Kebhinekaannya dalam rangka NKRI," ungkap Bahar Buasan.

Salah seorang keturunan Marga Bun, Johan Ridwan Hasan yang juga turut menginisiasi pendirian Bun Galery tersebut mengatakan, pendirian galery tersebut juga sebagai bentuk sumbangsih keluarga terhadap sumber pengetahuan dan pelajaran bagi masyarakat di Babel.

"Dari rumah ini aja kita sudah delapan keturunan. Kalau ke atas sekitar delapan juga, jadi 16 keturunan kita di Bangka. Jadi sayang sekali bila kita tidak perbesar kapasitas rumah ini menjadi manfaat positif bagi Bangka Belitung," ujar Johan.

Galeri yang diinisiasi sejak dua tahun lalu ini, diharapkan bisa menjadi ajang pemersatu bagi keluarga yang sudah terjalin semenjak 16 keturunan di Indonesia.

"Bagaimana kita mengumpulkan family tree antar marga di Bangka hingga Belitung. Bagaimana kita menjaga aset keluarga ini. Saya juga menekankan kepada saudara kita, kita juga banyak mendengar bagaimana orang berebut harta keluarga, tetapi kali ini justru bagaimana aset keluarga yang ada kita kembangkan kedepan," pungkas Johan.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved