Berita Belitung

Tinjau Perkembangan Kotaku di Belitung, BPKP Minta OPD Sinergi ‎Selesaikan Masalah Kawasan Kumuh

Peninjauan program prioritas Nasional itu didampingi langsung oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie

Tinjau Perkembangan Kotaku di Belitung, BPKP Minta OPD Sinergi ‎Selesaikan Masalah Kawasan Kumuh
posbelitung.co/dede s
Kepala BPKP Provinsi Kepulauan Babel Faisal dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie meninjau perkembangan program Kotaku di wilayah Kelurahan Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Sabtu (30/3/2019). 

POSBELITUNG.CO - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Babel Faisal meninjau perkembangan pembangunan ‎Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di beberapa lokasi di sekitaran Kota Tanjungpandan.

Peninjauan program prioritas Nasional itu didampingi langsung oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Belitung Agus Siregar beserta jajaran.

Dalam kesempatan itu, Faisal beserta rombongan melihat langsung perubahan yang terjadi pasca penerapan program Kotaku di daerah Kelurahan Parit, Kelurahan Damai, Kelurahan Tanjungpendam dan Desa Air Saga‎.

"Sekarang Kotaku itu menjadi prioritas dari Presiden RI, jadi kami dari BPKP sesuai peran dan fungsinya memastikan program prioritas Nasional ini berjalan sebagaimana mestinya," ujar Faisal kepada posbelitung.co.

Ia menjelaskan semenjak empat tahun belakangan pengawasan Kotaku menjadi fokus. Dikarenakan berkaitan dengan capaian target estijis, dimana di antaranya masalah penanganan kawasan kumuh, penyediaan air minum dan lainnya.

Menurut Faisal, penanganan kawasan kumuh bukan hanya bicara pembangunan infrastruktur saja tetap juga mengubah paradigma serta cara berpikir masyarakat.

Oleh sebab itu, dirinya menegaskan penerapan program Kotaku dibutuhkan sinergi seluruh OPD bukan hanya terbatas di Dinas PUPR.

Ia mencontohkan, ‎jika bicara perilaku hidup bersih terdapat hubungan masalah pendidikan. Sehingga Dinas Pendidikan dan Kesehatan harus mengedukasi bagaimana pola hidup bersih menjadi kebiasaan‎.

Sama halnya jika bicara kawasan kumuh juga berhubungan dengan rendahnya pendapatan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah melalui Dinas Sosial harus memperbaiki pendapatan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan‎ (PKH).

"Makanya tadi saya mengajak Wakil Bupati meninjau langsung. Karena saya ingin dalam penanganan satu masalah itu harus fokus, semua OPD harus sinergi mengentaskan masalah tersebut tidak parsial-parsial," ungkapnya.

(Posbelitung/dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved