Berita Belitung

KPU Gelar Simulasi Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kecamatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung mengadakan simulasi rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan pemilu 2019

KPU Gelar Simulasi Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kecamatan
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Simulasi rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan yang diselenggarakan KPU Kabupaten Belitung di Gedung Nasional, Tanjungpandan, Kamis (4/4/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung mengadakan simulasi rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan pemilu 2019 di Gedung Nasional, Tanjungpandan, Kamis (4/4/2019).

Dijelaskan Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bangka Belitung Pudjiarti, simulasi rekapitulasi dilakukan agar setiap panel mampu memanajemen agar batas waktu yang diberikan untuk rekapitulasi perolehan suara bisa tercapai sesuai target rekapitulasi di kecamatan.

"Dalam waktu 17 hari dari 18 April hingga 4 Mei itu harus selesai proses rekapitulasi, sehingga bagaimana memanajemen itu yang diperdalam pada simulasi ini," ujarnya.

Pada simulasi yang digelar, terdapat 4 panel yang terdiri dari masing-masing 4 orang yang merupakan anggota PPK dan PPS. Setiap panel harus merekapitulasi masing-masing 4 TPS berikut 5 surat suara yang digunakan saat pemilu nanti.

Pudji menjelaskan, keempat panel dibagi agar mencoba dua cara penghitungan rekapitulasi suara yakni berdasarkan tiap jenis surat suara atau berdasarkan target capaian TPS per harinya.

"Diserahkan ke masing-masing mana yang lebih efektif," imbuhnya.

Selain itu setiap panel menggunakan beberapa metode terobosan sendiri, misalkan ada yang mengisi secara manual form DAA atau DA nya kemudian berinisiatif menampilkan melalui infokus dan menayangkan hasil rekapitulasi.

"Padahal target kami hanya dua, ada yang melakukan secara manual dan ada yang pakai infokus. Tapi panel lain berinisiatif agar dapat menayangkan kepada saksi. Ada beberapa parpol menanggapi ini cukup efektif karena penyampaian informasi saat saksi hadir lebih detail dan jelas serta lebih menyukai metode seperti ini," tambahnya.

Simulasi proses rekapitulasi tingkat kecamatan pun dipilih Tanjungpandan karena kecamatan tersebut memiliki jumlah TPS terbanyak se-Bangka Belitung yakni 275 TPS. Selain itu karena daerah tersebut memiliki dua daerah pemilihan (dapil) kabupaten.

"Nanti diharapkan saat sudah simulasi ini (panel, red) bisa menghemat waktu, tadi yang awalnya sehari diharapkan capaian target 5 TPS kalau sudah dimanajemen capaiannya bisa 8 TPS per hari atau mungkin bisa lebih dari itu," tuturnya.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved